Jadi Yang Pertama di Sulteng, Flyover Pantoloan Dukung Infrastruktur Kota Palu

  • 04 Februari 2020 13:30 WITA
Males Baca?

MCWNews.com - PALU | Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan Pembangunan Flyover Pantoloan sepanjang 910 meter di Kota Palu, Sulawesi Tengah dengan menggunakan anggaran yang bersumber daro APBN 2019 senilai Rp85 miliar dan dikerjakan oleh PT. Pacifik Nusa Indah.

Waktu proses pengerjaannya, jembatan layang pertama di Bumi Tadulako ini terbilang sangat singkat yakni hanya dikerjakan kurang dari enam bulan.

Selain itu, pembangunan Flyover Pantoloan untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas jalan Trans Sulawesi yang melintas di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kota Palu. Selain itu, untuk mengantisipasi peningkatan arus lalu lintas dari pusat-pusat perindustrian menuju Pelabuhan Pantoloan.

"Flyover ini untuk mendukung KEK, jadi kita siapkan infrastrukturnya dulu," kata Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah II Sulawesi Tengah, Tri Bakti Mulianto saat ditemui di kantornya, beberapa waktu lalu.

Pihaknya juga menyebut, untuk teknologi yang digunakan pada proyek jembatan layang ini adalah  mortar busa. Teknologi itu menggunakan timbunan ringan, berupa campuran antara semen, air dan pasir busa untuk menimbun oprit (kepala jembatan). 

"Teknologi ini sudah diterapkan di beberapa tempat di Jawa, contohnya di flyover Antapani di Bandung," imbuhnya. (adv)



TAGS :

Komentar