Pangdam IX/Udayana Buka Sosialisasi Tentang Penyakit Akibat Virus Corona

  • 17 Februari 2020 14:47 WITA
Males Baca?

MCWNews.com - DENPASAR | Usai Kegiatan Upacara Bendera yang digelar di Lapangan Praja Raksaka, seluruh personel Kodam IX/Udayana Se-Garnisun Denpasar mengikuti Kegiatan Sosialisasi tentang Penyakit Akibat Virus Corona (Covid-2019) di GOR Praja Raksaka Kepaon, Denpasar, pada Senin (17/2/2020).

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P., tersebut diselenggarakan oleh Kesdam IX/Udayana, dengan mendatangkan Narasumber Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali dr. I Ketut Suarjaya, MPPH., dan Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Mikrobiologi Klinik Indonesia (PAMKI) Cab. Bali Nusra, Dr. dr. Ni Nyoman Sri Budayanti, SpMK(K).

Dalam sambutannya, Pangdam IX/Udayana berharap agar sosialisasi ini dapat memberikan manfaat kepada semua tentang pentingnya informasi Virus Pneumonia Corona yang sedang berkembang saat ini di seluruh Dunia, sebagai upaya pemahaman kepada masyarakat, serta langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah bahaya penularan Virus Corona," harap Pangdam.

Lebih lanjut disampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Kodam IX/Udayana dengan Dinas Kesehatan Provinsi Bali  sebagai bagian dari edukasi bagi para prajurit yang nantinya diharapkan mereka juga dapat mengedukasi kepada masyarakat serta mampu mencegah dirinya dari ancaman wabah Virus Corona.

Kepala Dinas Kesehatan Prov. Bali dr. I Ketut Suarjaya, MPPH., pada sosialisasinya menyampaikan tentang Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) yang artinya merupakan kelompok virus penyebab influenza ringan sampai berat (Midle East Respiratory Syndrome/MERS dan Severe Acute Respiratory Syndrome/SARS),"Jelas Suarjaya.

Sementara, Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Mikrobiologi Klinik Indonesia (PAMKI) Cab Bali Nusra, Dr. dr. Ni Nyoman Sri Budayanti, SpMK(K), menyampaikan bahwa jangan langsung percaya terhadap penyebaran virus corona yang beredar di media sosial, tetapi carilah sumber informasi yang resmi dari Kominfo di website www.kominfo.go.id. "Belum ada pengobatan yang spesifik dan efektif untuk virus tersebut, vaksinnyapun belum tersedia," tambahnya.

Pangdam IX/Udayana juga menyampaikan inti dari sosialisasi ini bahwa belum ada obat khusus terhadap penyakit Virus Corona, tetapi obatnya adalah daya tahan tubuh dan ini sangat dipengaruhi oleh gaya hidup atau cara hidup.

"Caranya sangat sederhana, dari bagaimana kita menata waktu istirahat dan waktu bekerja kita dan bagaimana kita menata makanan/asupan gizi sampai dengan bagaimana kita mampu membuat diri kita menjadi bugar dengan berolahraga secara teratur. Tiga hal ini yang menjadi hal pokok dalam melawan Virus Corona ini," ungkap Pangdam.

Dengan mengetahui bahayanya Virus Pneumonia Corona tersebut maka diharapkan seluruh anggota beserta keluarga dapat berbuat secara maksimal untuk mencegah penyebaran Virus tersebut terutama di lingkungan kerja masing-masing.

 

"Hal ini pas seperti apa yang saya sampaikan kepada para prajurit saya khususnya di Kodam IX/Udayana, yaitu jadikan olahraga sebagai gaya hidup kaitannya untuk menangkal terjadinya/penyebaran dari Virus Corona ini," tegas Pangdam.

 

Selesai sosialisasi, Kakesdam IX/Udayana Kolonel Ckm dr. I Made Mardika, Sp.PD., M.A.R.S., bertindak langsung sebagai moderator dalam sesi tanya jawab, dan dilanjutkan dengan Pemberian Cenderamata dari Pangdam IX/Udayana kepada Para Narasumber.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut antara lain Irdam IX/Udayana, Danrem 163/WSA, Kapok dan Para Sahli Pangdam IX/Udayana, Asrendam IX/Udayana, Para Asisten Kasdam IX/Udayana, Para Dan/Kabalakdam IX/Udayana, LO AU, LO AL, serta Para Prajurit dan PNS Kodam IX/Udayana se Garnizun Denpasar. (Pendam IX/Udy)



TAGS :

Komentar