Kronologi Lengkap Pesawat Logistik Jatuh di Danau Sentani Papua

  • 12 Mei 2020 11:57 WITA
Males Baca?

MCWNEWS.COM, JAYAPURA – Sebuah pesawat milik Mission Aviation Fellowship (MAF) jenis Cessna No. Reg. K100 PK-MEC alami kecelakaan usai lepas landas dari Bandara Sentani Jayapura dan jatuh di perairan danau Sentani Kabupaten Jayapura, Papua, Selasa, (5/11).

Berikut kronologi kejadian sebelum terjadinya kecelakaan pesawat logistik tersebut

Pukul 06.27 wit pesawat jenis kodiak K-100 PK - MEC milik MAF take off dari Bandara Sentani tujuan Distrik Mamid Kabupaten Tolikara.

Pukul 06.29 wit Pilot memanggil tower "Mayday " dan meminta RBT (mendarat darurat), selanjutnya petugas Tower memanggil namun tidak ada jawaban dari Pilot. (pesawat hilang kontak).

Pesawat dengan register PK-MEC direncanakan terbang dari bandara udara sentani kabupaten Jayapura menuju Distrik Mamit Kabupaten Tolikara dengan membawa bahan sembako dan tidak berpenumpang.

Diketahui bahwa saat setelah melakukan take-off landasan pacu bandara sentani, dan saat pesawat berada di atas danau pesawat secara tiba-tiba langsung jatuh ke danau Sentani Kabupaten Jayapura. Sementara untuk penyebab jatuhnya pesawat masih dilakukan penyelidikan oleh tim gabungan.

Setelah dilakukan pencarian terhadap pilot, tim gabungan berhasil menemukan Pilot disekitar lokasi jatuhnya pesawat, selanjutnya pilot dievakuasi ke Rumah Sakit Bhayangkara Jayapura.

Diketahui, indentitas pilot yang meninggal atas jatuhnya pesawat adalah Joyce Chaisin Lin (40), perempuan, WNA Amerika serikat, No Pasport : 483551781, alamat Kompleks MAF jalan AMA Sentani RT06/RW03 Kel Sentani Kota Distrik Sentani Kabupaten Jayapura.

Kabid Humas Polda Papua kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa kamal, S.H. mengatakan bahwa saat ini Tim SAR gabungan telah mengevakuasi korban ke RS Bhayangkara untuk dilakukan tindakan medis. Sementara itu untuk badan pesawat talah berhasil dievakuasi dari dasar danau.

"Menerima laporan, melakukan koordinasi dengan pihak terkait TNI dan SAR Jayapura, melakukan pencarian, mengevakuasi Pilot ke RS. Bhayangkara serta mengevakuasi badan pesawat," ujar Kamal.

Pihak menjelaskan, atas insiden kecelakaan penerbangan ini tidak berdampak terhadap arus penerbangan di Bandara Sentani, Kab. Jayapura. Penerbangan ini merupakan penerbangan dukungan logistik dan tidak berpenumpang. (Rls/Nur)



TAGS :

Komentar