Mulai Senin, Rapit Test Bisa dilakukan di Puskesmas di Kota Jayapura

  • 16 Mei 2020 20:55 WITA
Males Baca?

MCWNEWS.COM, JAYAPURA - Pemerintah Kota Jayapura bergerak cepat untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang angkanya terus bertambah dikota ini. 

Mulai Senin (18/5) esok, warga bisa melakukan test Covid-19 melalui Rapid Test geratis di semua Puskesmas di Kota Jayapura.

Ketua Gugus Tugaspenanganan Covid-19 Kota Jayapura, H. Rustan Saru kepada awak media mengatakan, pemeriksaan Rapid Test akan diatur mekanismenya, Senin untuk tukang cukur rambut dan salon kecantikan.

"Untuk senin itu yang tukang cukur dan salon dulu, yang lain bertahap. Tapi rapid test sudah bisa dilakukan di Puskesmas dan geratis," jelasnya.

Dikatakan, dengan rapid test tersebut dihadapan ada ketenangan bagi warga masyarakat yang hendak menggunakan jasanya baik di tukang cukur maupun salon. Nantinya setelah diketahui hasilnya negatif maka akan mendapat stiker.

"Yang negatif akan kita kasih stiker hasil rapid test negative, sementara yang rekatif maka akan dilakukan pemeriksaan lanjutan. Termasuk juga pedagang pasar," katanya.

Dijelaskan, untuk kelancaran jalannya test Covid-19 tersebut, pihaknya mengakui masih memiliki stok Rapit Test atau Rapid Diagnotic Test (RDT) yang tersimpan di Dinkes Kota Jayapura.

"Masih ada stok, jangan khwatir. Kita dibantu Provinsi Papua itu ada 15 ribu rapid test. Dan baru kita gunakan sebanyak 2 ribuan, jadi jangan khawatir," tegasnya. (Ed)



TAGS :

Komentar