KPU Gelar Bintek Penetapan Parpol Peserta Pemilu 2019

Selasa, 03 Oktober 2017 | 06:26 WITA

KPU Gelar Bintek Penetapan Parpol Peserta Pemilu 2019

KPU Tana Toraja Foto Bersama Pengurus Parpol Usai Mengikuti Kegiatan Sosialisasi dan Bintek Di Hotel Pantan Makale Senin (2/9)

MCW News, Toraja Utara | KPU Toraja Utara  gelar Sosialisasi dan bintek tata cara pendaftaran verifikasi dan penetapan partai politik peserta pemilu 2019, yang berlangsung di Kantor KPU Toraja Utara Senin (2/9)

 

Adapun pengurus Parpol se Toraja diberikan Materi dalam kegiatan tersebut yang dibawakan langsung oleh Ketua KPU Toraja Utara Mery Parura didampingi Anggota KPU bersama Staf.

.

Nampak terlihat hadir Kesbangpol Toraja Utara dan Panwaskan Toraja Utara.

 

Ketua KPU Toraja Utara Mery Parura didampingi Divisi Hukum  Herman Tandililing menuturkan  Dasar diadakannya Sosialisasi dan Bimbingan Teknis ini, karena merupakan perintah Undang-Undang. Dimana KPU Toraja Utara sebagai Penyelenggara Pemilu harus melaksanakan Sosialisasi tersebut sebelum tahapan pendaftaran Partai Politik Calon Peserta Pemilu dimulai. KPU Toraja Utara sebagai Penyelenggara Pemilu berkewajiban memberikan Sosialisasi. 

 

Kegitan ini dimaksudkan agar Partai Politik memahami mekanisme dan tata cara yang telah diatur berdasarkan Undang-Undang dan Peraturan KPU. Partai Politik perlu diberi pemahaman bahwa pendaftaran Partai Politik peserta Pemilu Tahun 2019 tahapannya dilaksanakan selama 14 hari kalender dimulai dari tanggal 3 Oktober 2017 sampai 16 Oktober 2017 dan ini dilakukan secara sentralistik dimana pengurus Partai tingkat pusat mendaftar ke KPU RI, sementara pengurus Partai tingkat daerah menyerahkan bukti keanggotaan Partai Politik yg dilampiri KTA, Kartu Tanda Penduduk (KTP Elektronik) atau Surat Keterangan (SUKET). Ujarnya

 

Bonnie Freedom, Divisi Sosialisasi dan SDM menambahkan   Sosialisasi ini juga disampaikan terkait tata cara penggunaan SIPOL (Sistem Informasi Partai Politik) yang nantinya akan mendukung kerja Partai Politik dan Penyelenggara Pemilu dalam melakukan pendaftaran, penelitian administrasi dan verifikasi faktual terhadap pemenuhan persyaratan Partai Politik menjadi Peserta Pemilu. Didalam Sosialisasi tersebut KPU Toraja Utara juga menyampaikan bahwa data terakhir jumlah Penduduk Kabupaten Toraja Utara yaitu 239.558 sehingga Partai Politik di Toraja Utara wajib memiliki anggota minimal sebanyak 239. Hal ini sesuai dengan Surat Keputusan KPU Nomor 165/HK.03.1-Kpt/03/KPU/IX/2017.

 

Setelah Sosialisasi ini kami berharap Partai Politik di Kabupaten Toraja Utara bisa memahami dan melakukan konsolidasi internal untuk memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan sesuai dengan ketentuan Pasal 173 Ayat (2) UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum Jo PKPU 11 Tahun 2017. Kemudian KPU Kabupaten Toraja Utara akan melakukan Penelitian Administrasi terhadap Partai Politik yang telah melengkapi dokumen persyaratan keanggotaan Partai Pilitik selama 30 hari yakni dari 17 Oktober 2017 sampai 15 November 2017. Setelah itu akan ditindak lanjuti dengan melakukan verifikasi faktual kepengurusan  ke lapangan untuk membuktikan keabsahan dan kebenaran persyaratan Partai Politik. Ungkapnya i

 

Secara terpisah, KPU Tana Toraja melaksanakan Bintek dan Sosialisasi, Tata Cara pendaftaran verifikasi dan penetapan Parpol peserta Pemilu yang berlangsung diHotel Pantan Makale.

 

kegiatan tersebut  dipimpin oleh  Ketia KPU Tana Toraja Rizal Randa SS didamping Anggotanya yakni Divisi Tehnis Louise Ujiani Rongre, Divisi Sosialisasi dan SDM Elis B Mangesa, Divisi Program Data Alexander Kambuno SE, Divisi Hukum Yulius Palabiran SH.

 

kegiatan Sosialisasi dan Bintek idihadiri 13 Pengurus Partai Politik Yaitu Partai Golkar, PDI - Perjuangan, Nasdem, Demokrat, Gerindra, Hanura, PKPI, PKS, PKB, Idaman, Perindo, Berkarya, dan Indonesia Kerja 

 

Menurut Data Rilis yang diterima MCW News, dari Pihak KPU Tana Toraja, Berdasarkan dari Kemendagri kepada KPU Tana Toraja Jumlah Penduduk pada Pemilihan Legislatif 2014 adalah 272,220 dan jumlah penduduk hingga saat ini yaitu 283.214  yakni Laki Laki 146.561 dan Perempuan 136.653 “Terangnya.

 

(SALDI)


Selasa, 03 Oktober 2017 | 06:26 WITA


TAGS:




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

+