FJG Desak Ketua MK Mundur

Minggu, 11 Februari 2018 | 21:09 WITA

FJG Desak Ketua MK Mundur

Forum Jateng Gayeng

MCWNews.com - SEMARANG | Puluhan Aktivis LSM yang tergabung dalam Forum Jateng Gayeng ( FJG) mendesak agar Ketua MK RI untuk mengundurkan diri dari jabatannya. Pernyataan ini terungkap dalam rapat konsolidasi dan silaturahmi FJG se-Jawa Tengah di Semarang, Minggu (11/2).

Mereka menilai MK telah memutuskan perkara yang dapat melemahkan KPK serta melukai rasa keadilan Masyarakat yang saat ini sedang giat-giatnya melakukan pemberantasan korupsi.

Menurut Ketua FJG, Akhmad Robani Albar, SH. memang putusan MK tersebut dinilai tidak memihak Rakyat yang sedang semangat-semangatnya memerangi korupsi," Makanya kami mendesak Ketua MK RI segera mengundurkan diri," ujarnya.

Robani pun akan terus menggelolarakan sikapnya dengan membuat petisi yang akan dikirimkan kepada Presiden RI," Rencananya mulai besok akan mengunggah petisi desakan Ketua MK agar mengundurkan diri yang secara on line akan dikirim hasilnya kepada Presiden," imbuhnya.

Senada juga dibenarkan Sekretaris FJG, Khamid yang sudah menyiapkan draf Petisinya untuk disosialisasikan melalui medsos," Sudah kami siapkan dan segera petisi akan disampaikan kepada teman-teman," ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, Mahkamah Konstitusi (MK) RI pada Kamis lalu telah memutuskan atas perkara Yudisial Review Pasal 79 ayat 3 Undang-undang No.17 Tahun 2014 tentang MD3 yang intinya menyatakan Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) merupakan bagian dari Eksekutif yang bisa menjadi Obyek Hak Angket DPR RI, padahal sebelumnya MK telah memutuskan bahwa Lembaga Anti Rasuah tersebut merupakan Lembaga Independent yang tidak bisa menjadi obyek hak angket DPR, karena bukan bagian dari Eksekutif sebagaimana termaktub dalam putusannya pada Perkara 012-016/019/PUU-IV/2006, No.19/PUU-V/2007, No.37-39 /PUU-VIII/2010 dan No.5/ PUU-IX/2011.

(timmcwnews)


Minggu, 11 Februari 2018 | 21:09 WITA


TAGS:




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

+