Ratusan Mahasiswa Akan Demo PTPN IV

Selasa, 03 April 2018 | 16:46 WITA

Ratusan Mahasiswa Akan Demo PTPN IV

MCWNews.com - MEDAN | Aliansi Mahasiswa Sumut Bersatu (AMSUB) dan Ikatan Mahasiswa Kota Medan akan melakukan aksi unjukrasa yang akan digelar pada Kamis (05/04/2018) mendatang di depan Kantor PTPN IV Medan di Jalan Letjend Suprapto Medan, aksi tersebut diperkirakan akan mengerahkan sekira 200 orang massa. 

Ketika ditemui MCWNews.com pada Selasa (03/04/2018), Ketua aksi M. Zainuddin Daulay mengatakan bahwa aksi yang akan berlangsung pada Kamis mendatang akan menyuarakan kepada pihak PTPN IV Medan menyangkut 2 (dua) hasil temuan dilapangan yakni Pertama, bahwa Kebun Panai Jaya PTPN IV yang diduga berada dalam kawasan Hutan Produksi Terbatas (HPT) berdasarkan SK Menteri Lingkungan Hidup dan kehutanan RI No. SK. 314 /MENLHK/SETJEN /PLA.2/4 / 2016  Tentang Perobahan Peruntukkan Kawasan Hutan Menjadi Bukan kawasan Hutan seluas 65.125 Hektar di Provinsi Riau, 

Kedua, Kebun Panai Jaya PTPN IV yang diduga berada  dalam kawasan Moratorium Penundaan ijin berdasarkan  Surat Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI No.SK.6559/MENLHK-PKTL/IPSDH/pla.1 /12/2017 tentang Penetapan Peta lndikatif Penundaan Pemberian ijin baru pemanfaatan hutan, penggunaan kawasan hutan, dan perobahan peruntukan kawasan hutan dan areal penggunaan lain (revisi XIII) tanggal 04 Desember  2017.

Sebelum aksi dilaksanakan terlebih dahulu Penanggungjawab aksi unjukrasa M. Zainuddin Daulay yang didampingi Chaerul Umam telah menyampaikan surat pemberitahuan kepada Polrestabes Medan Cq. Kasat Intelkam pada 02 April 2018 kemarin.

Penyampaian Aspirasi ini murni, dilaksanakan karena merasa terpanggil terhadap permasalahan dikampung halaman yang harus disikapi secara nyata. 

“Dahulu sewaktu saya masih kecil, areal lahan perkebunan sawit itu adalah kawasan hutan berkayu dengan kondisi tanah gambut, tapi saat ini areal hutan itu sudah berubah menjadi perkebunan kelapa sawit Panai Jaya”, kata M. Zainuddin Daulay. 

“Rusaknya kawasan gambut di daerah Panai Tengah dan sekitarnya sangat menyisakan penderitaan bagi kami masyarakat Panai”, ungkap Penangungjawab aksi M. Zainuddin sembari menunjukkkan identitasnya, Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai putra daerah. 

Lahan Perkebunan Panai Jaya itu masuk dalam Areal Moratorium atau areal penundaan ijin tahun 2017, tapi kenapa kondisi dilapangan sudah menjadi perkebunan kelapa sawit; 

Ditambahkan Zainuddin, “ada lagi puluhan hektar kebun itu yang masuk ke Provinsi Riau, bagaimana itu ?”

Harapannya kepada pihak PTPN IV Medan agar memberikan penjelasan tentang perizinan dan penguasaan lahan perkebunan Panai Jaya di Panai Tengah dan sekitarnya. 

Perizinan yang dimaksud adalah Hak Guna Usaha (HGU) Perkebunan Panai Jaya yang merupakan Kebun milik PTPN IV, Ijin Pelepasan Kawasan Hutan Untuk Perkebunan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan; 

Mudah mudahan aksi unjukrasa tersebut akan berlangsung damai, melihat kondisilah, ungkap Zainuddin.

(Edward)


Selasa, 03 April 2018 16:46


TAGS:




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

+