KPK Ungkap Ada 1 Miliar Proyek PL di Indonesia

Selasa, 08 Mei 2018 | 12:09 WITA

KPK Ungkap Ada 1 Miliar Proyek PL di Indonesia

MCWNews.com - SEMARANG | Pernyataan Pantastis yang disampaikan Pemateri dari KPK Wahyudi yang mengungkapkan ada 1 (satu) Miliar jumlah Proyek Penunjukan Langsung (PL) yang tersebar diseluruh Indonesia."Data ini hasil LKPP ada 1 Miliar PL di Indonesia," ungkap Wahyudi dalam Forum Pembekalan Peran serta Masyarakat untuk Pengawasan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara di Gedung KPUD Jateng, Senin (7/5/18).

Dan Wahyudi pun menunjukkan pesimisnya atas proyek PL yang kisaran anggarannya Rp 200 jutaan tersebut. "Coba kita hitung Rp 200 juta dikalikan jumlah PL sebanyak 1 Miliar, Anda tahu kan Proyek PL," imbuhnya. 

Sementara itu Wakil Ketua Gerakan Nasional Pemberantasan Korupsi (GNPK) Jawa Tengah, Didik Methana menduga ada yang salah dalam cara pemberantasan korupsi di Negara.

Selama ini pemberantasan korupsi hanya menggunakan pendekatan hukum, mestinya juga pakai pendekatan ekonomi. Karena kenyataannya semakin diberantas, justru korupsi semakin tumbuh subur.

"Mungkin ada yang salah dalam metode pemberantasan korupsi, di Negara maju korupsi nyatanya semakin turun. Karena Rakyatnya sejahtera," ujar Didik. 

Sebagaimana informasi yang dapat dihimpun Media ini, bahwa Proyek Penunjukan Langsung yang dilaksanakan di daerah diduga jadi ajang bancakan para kroni penguasa yang mengakibatkan pekerjaan proyek tersebut kualitasnya banyak yang tidak sesuai2 harapan, bahkan terkesan asal- asalan dalam pengerjaannya.

Dan dampak dari berbagai korupsi di Indonesia, pihak KPK RI telah mencatat sejak tahun 2001 -2015 ada kerugian Negara mencapai Rp 182, 4 Triliun. 

(RD)


Selasa, 08 Mei 2018 12:09


TAGS:




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

+