Puluhan KPPS Toraja Utara Ikuti Bimtek

Senin, 04 Juni 2018 | 01:03 WITA

Puluhan KPPS Toraja Utara Ikuti Bimtek

Puluhan KPPS ikuti Bimtek dari KPUD Toraja Utara

MCWNews.com - RANTEPAO | Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Toraja Utara melantik Ketua Kelompok Penyelengara Pemungutan Suara (KPPS) Kecamatan yang dirangkai dengan kegiatan Bimbingan Teknis (Bintek) yang berlangsung di Kantor Kecamatan Rantepao Kabupaten Toraja Utara, Minggu (3/6/18).

 

KPU Toraja Utara menyekenggarakan kegiatan tersebut ditingkat kecamatan berkaitan dengan pemungutan dan penghitungan suara dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi SelatanTahun 2018. 

 

Kegiatan Bimtek diikuti oleh 53 orang ketua KPPS, 33 orang PPS dan 5 orang PPK dihadiri oleh Panitian Pengawas (Panwas) dan PPL se-Kecamatan Rantepao. 

 

Ketua KPU Toraja Utara Merry Parura didampingi Anggota Komisionir KPU Divisi SDM dan Parmas menuturkan, pihaknya telah melantik 53 Ketua KPPS dari 53 TPS yg ada di Kecamatan Rantepao sesuai dengan SK pada masing-masing PPS tentang pengangkatan KPPS pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur sulsel 2018. 

 

“Selanjutnya 53 orang ketua KPPS ini akan kembali melantik anggotanya pada Rabu, 27 Juni 2018 sebelum proses pemungutan suara dimulai pada TPS," Jelasnya.

 

Lanjut Bonnie, setelah ketua KPPS dilantik dan diambil sumpah dan janjinya, pihak KPU Toraja memberikan bimbingan teknis terkait pemungutan suara dan penghitungan suara kepada seluruh PPK, PPS dan ketua KPPS Kecamatan Rantepao.

 

Pelaksanaan bintek diberikan dengan harapan semua ketua KPPS dan anggota KPPS dapat melaksanakannya tugasnya dengan baik, bekerja dengan cermat dan teliti.

 

"Kami mengharapkan semua petugas KPPS dapat melayani pemilih dengan baik sebagai wujud dari nilai integritas dan profesionalitas kita sebagai penyelenggara pemilu". Semua penyelenggara pemilu harus kompak dan solid dan selalu mengedepankan koordinasi dan memegang teguh kode etik penyelenggara pemilu,” ujarnya.

 

Selanjutnya, untuk bimbingan teknis tahap kedua pada kecamatan Rantepao akan dilaksanakan oleh PPK dan PPS se-Kecamatan Rantepao pada setiap lembang/kelurahan di Rantepao yang akan diikuti oleh semua ketua dan anggota KPPS pada 53 TPS di Rantepao. 

 

Bimtek tahap kedua ini tetap akan dimonitoring oleh KPU Toraja Utara sehingga hasilnya akan maksimal dan semua anggota KPPS dapat memahami tugasnya. Mulai hari ini semua KPPS sudah mulai bertugas membantu KPU Toraja Utara melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait dengan hari dan tanggal pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur sulsel 2018.Katanya

 

Ia menambahkan, khususnya terkait dengan aturan baru yang harus dipahami oleh pemilih dimana ketika pemilih datang ke TPS, pemilih tidak hanya membawa C.6 KWK atau surat pemberitahuan memilih tetapi pemilih wajib membawa KTP-Elektronik atau Surat Keterangan resmi dari Disdukcapil Toraja Utara.

 

“Wajib diperlihatkan kepada petugas KPPS untuk dicek data-datanya sebelum pemilih memberikan suara mereka di TPS," tutup Bonnie.

 

(Saldi)


Senin, 04 Juni 2018 | 01:03 WITA


TAGS:




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

+