Disbintalad Tirtayatra Ke Sejumlah Pura Di Bali

Rabu, 11 Juli 2018 | 13:54 WITA

 Disbintalad Tirtayatra Ke Sejumlah Pura Di Bali

MCWNews.com - DENPASAR | Dalam pembinaan kehidupan prajurit yang profesional ada tiga hal yang harus diseimbangkan antara lain, Jasmani, Rohani dan Intlektualnya, dan untuk mencapai keseimbangan tersebut kali ini Rabu (11/7/18) Disbintalad melaksanakan Tirta Yatra ke sejumlah Pura di Provinsi Bali.

Kolonel Caj I Wayan Santa, S.Ag., M.Si, memimpin acara pembukaan di Pura Agung Jagat Natha Denpasar, sekaligus membacakan sambutan Kepala Dinas Pembinaan Mental (Disbintalad) TNI Angkkatan Darat, Brigjen TNI Abdul Karim yang pada intinya menyampaikan, kegiatan Tirtayatra ini sebagai salah satu realisasi dari Program Kerja Disbintalad Tahun 2018, dan untuk kali ini Provinsi Bali dipilih sebagai tempat penyelenggaraan Tirtayatra karena Bali memiliki nilai- nilai spiritual yang tinggi dalam peningkatan sradha dan bhakti kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Tirtayatra kali ini mengusung tema “Jadikan Tirtayatra Sebagai Sumber Peningkatan Kualitas Diri Dalam Menghadapi Era Globalisasi ”. Sejalan dengan tema tersebut diharapkan para Prajurit memiliki keimanan dan ketaqwan serta kualitas diri yang mantapf sehingga dapat melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab, konsekwen, konsisten dan tulus iklas mengingat betapa mendasarnya sasaran yang ingin dicapai, demikian papar Kadisbintalad dalam sambutannya.

Kegiatan ini diikuti oleh 50 orang peserta terdiri dari Perwira, PNS Golongaan III dari jajaran Disbintalad dan khusus dalam acara pembukaan di Pura Agung Jagatnatha juga diikuti oleh para Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil yang beragama Hindu jajaran Garnizun Denpasar dengan jumlah sekitar 350 orang.

Kegiatan ini akan dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 11 sampai dengan 13 Juli 2018. Sasaran yang akan dijadikan objek kegiatan selain Pura Agung Jagatnatha antara lain, Pura Air Jeruk di Gianyar, Pura Goa Lawah di Klungkung, Pura Dalem Ped, Pura Goa Giri Putri, Pura Puncak Mundi, Pura Segara Penida yang semuanya berada di Nusa Penida Klungkung dan kembali ke Pura Goa Lawah untuk acara penutupan.

Adapun materi yang menjadi pokok kegiatan antara lain, Dharma Wacana, Madya Dina Puja, Sandya Kala Puja, Dharma Tula, Teknik Penggunaan Japa Mala dan Persembahyangan di masing masing Pura yang dikunjungi, dengan materi ini diharapkan akan dapat digali nilai nilai agama untuk disosialisasikan karena tidak cukup hanya  dengan membaca kitab kitab suci tetapi harus mengaktualisasikannya dalam kehidupan sehari hari sehingga lebih bermanfaat dalam mengisi diri untuk mampu melaksanakan tugas Dharma Negara dengan baik. 

Hadir pada acara pembukaan ini antara lain Kabintaldam IX/Udayana Kolonel Arm I Made Sukarwa,  Ida Pandita Mpu Jaya Acarya Nanda sekaligus memberian Dharma wacana dan para pejabat di lingkungan Kodam IX/Udayana.

(Pendam IX/Udayana)


Rabu, 11 Juli 2018 | 13:54 WITA


TAGS:




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

+