AirNav Layani Navigasi Penerbangan Standar Internasional

Rabu, 11 Juli 2018 | 13:59 WITA

AirNav Layani Navigasi Penerbangan Standar Internasional

General Manager AirNav Indonesia Cabang Madya Denpasar, Rosedi

MCWNews.com - DENPASAR | Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 77 Tahun 2012, Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau yang lebih dikenal AirNav Indonesia adalah Badan Usaha yang menyelenggarakan pelayanan navigasi penerbangan di Indonesia, dan saat ini telah menjadi Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan dengan standar Internasional yang mengedepankan keselamatan, keteraturan dan kenyamanan.

Saat dijumpai MCW News diruang kerjanya, Rabu, (11/7/18), General Manager AirNav Indonesia Cabang Madya Denpasar, Rosedi mengatakan dalam melakukan tugas dan pelayanannya AirNav Indonesia memiliki Pemandu Lalu lintas penerbangan, atau yang sering disebut Air Traffic Controller (ATC). ATC terdiri 2 unit yakni Unit Tower dan Approach Control Office (APP).

Dengan demikian AirNav Indonesia Cabang Madya Denpasar dalam waktu 24 jam melayani 454 penerbangan baik Domestik, maupun Internasional di Bandara Ngurah Rai Bali," jelas Rosedi.

Dalam kesempatan yang sama, Manager Operasional AirNav Indonesia Cabang Madya Denpasar, Lukmanul Hakim, memaparkan di Bali saja ada 454 penerbangan dalam sehari, hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Seorang petugas ATC, ia harus memiliki konsentrasi penuh dan tingkat ketelitian yang tinggi, karena dalam menentukan sebuah izin atau perubahan alur pesawat, karena jika salah mengambil keputusan akan berakibat fatal dengan keselamatan pesawat dan penumpang.

"Seorang petugas ATC harus punya konsentrasi, ketelitian tingkat tinggi dan keberanian dalam mengambil keputusan,” ujar Lukmanul. 

(JK)


Rabu, 11 Juli 2018 13:59


TAGS:




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

+