LBH Gerimis Siap Kirim Tim Advokat Bantu Masyarakat Adat di Fakfak

Kamis, 26 Juli 2018 | 04:33 WITA

LBH Gerimis Siap Kirim Tim Advokat Bantu Masyarakat Adat di Fakfak

MCWNews.com - SORONG | Ketua Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Kabupaten Fakfak, Arsad Wagab mendatangi Kantor LBH Gerimis di Jalan Trikora Km. 7 Kota Sorong,  Rabu (25/7/2018) malam.

Selain menemui Direktur LBH Gerimis Yosep Titirlolobi, SH. Arsad juga menemui Ketua DPW Ikatan Media Online (IMO) Indonesia Papua Barat Jhon Charles Imbiri.

Dalam kesempatan ini, kepada Direktur LBH Gerimis dan Ketua DPW IMO, Arsad Wagab menyampaikan terkait masih banyaknya masalah di kalangan masyarakat adat yang belum selesai di Kabupaten Fakfak, terutama masalah Tanah adat Orang Asli Papua (OAP).

Contoh masalah hak ulayat dengan beberapa perusahan kayu yang beroperasi di Fakfak yang mengambil kayu di hutan adat masyarakat tanpa membayar ganti rugi kepada para marga masyarakat adat di Fakfak, sebagaimana yang diamanatkan dalam UU Otonomi Khusus Nomor 21 Tahun 2001.

“Masih banyak masalah hukum untuk di Fakfak yang belum terselesaikan dengan baik seperti, ada beberapa perusahan kayu dan kelapa sawit yang masuk dan membohongi masyarakat adat di atas tanahnya sendiri, ” ungkap Arsad.

Dia berharap dengan momentum silaturahmi dengan LBH Gerimis, kedepannya dapat membantu masyarakat adat di Fakfak dalam memberikan pendampingan dan bantuan hukum kepada masyarakat adat di Kota Pala Fakfak.

“Saya berharap LBH-Gerimis bisa menjadi corong bagi masyarakat adat yang selama ini buta terhadap hukum agar ke depan dapat membantu masyarakat adat sehingga tidak terus menerus dibodohi oleh pengusaha-pengusaha karena keterbatasan masyarakat itu sendiri,” harap Arsad.

Sementara itu, Direktur LBH-Gerimis Yosep Titirlolobi, SH mengaku siap mengawal dan memberikan bantuan hukum terhadap masyarakat adat di Kabupaten Fakfak apabila dibutuhkan

“Kami selalu siap mengawal masyarakat dan siapa saja yang datang mengadu kekami LBH yang sudah pastinya  LBH  Gerimis akan memberi bantuan hukum kepada masyarakat tidak mampu secara geratis," ungkap Josep. 

Terima kasih juga kepada Ketua LMA Fakfak yang datang jauh-jauh dari  Fakfak untuk berkunjung ke kantor LBH-Gerimis dan apabila kita memang dipercayakan untuk menjadi kuasa hukum untuk masyarakat adat, maka kami pun dengan tim LBH langsung bergerak kesana,  karena LBH-Gerimis berdiri untuk rakyat dan membela hak rakyat yang tertidas oleh pihak-pihak yang ingin meraup keuntungan dari keterbatasan masyarakat pemilik hak ulayat," terang Yosep.

Sementara itu ketua DPW IMO Carles Imbiri, S Hut. Mengatakan bahwa Media memiliki fungsi kontrol dan selalu berpihak kepada rakyat kecil yang kerap dirampas hak-hak dasarnya. 

Terkait permasalahan yang disampaikan Ketua LMA Fakfak kami juga meminta kepada Pihak LMA jika ada informasi akurat kami siap tindaklanjuti dan akan menyajikan ke publik, tentunya yang yang pasti pemberitaan yang berimbang sesuai UU Pers," pungkas Carles.

(Kbs)


Kamis, 26 Juli 2018 | 04:33 WITA


TAGS:




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

+