Tak Dapat Perhatian Pemerintah, Warga Galang Dana Untuk Perbaiki Jalan

Minggu, 05 Agustus 2018 | 18:58 WITA

Tak Dapat Perhatian Pemerintah, Warga Galang Dana Untuk Perbaiki Jalan

MCWNews.com - RANTEPAO | Berawal dari keprihatinan terhadap buruknya infrastruktur jalan yang tak kunjung mendapat perhatian serius dari pemerintah daerah setempat, sejumlah warga yang mengatasnamakan Grup Pa’misaran To Bokin yang memanfaatkan dunia maya seperti facebook dan whatsapp untuk menggalang dana secara sukarela untuk memperbaiki jalan yang kian rusak parah.

Saat ini Pa’misaran To Bokin yang didominasi oleh putra putri Bokin dan sekitarnya yang berada diperantauan baik dalam negeri maupun luar negeri berhasil menggalang dana hingga saat ini sudah mencapai lebih Rp. 60 juta, melalui rekening peduli kampung halaman Bank Mandiri 152-00-1253539-5 an. Turunan Bokin.

"Hingga saat ini juga, warga Bokin dan sekitarnya baik yang diperantauan maupun yang berdomisili di Bokin yang ikut berpartisipasi sudah mencapai ratusan orang," Kata koordinator lapangan Pa’misaran To Bokin, Markus Rantetondok.

Ia menambahkan, Selain memberikan bantuan berupa uang tunai, ada juga yang memberikan bantuan dalam bentuk material seperti pasir, batu gunung, semen dan gorong-gorong. Realisasi dana yang terkumpul digunakan untuk membuat parit sepanjang 2 kilmeter di jalan poros Tombang Lambek-Saruran, Kelurahan Bokin.

"Bukan hanya itu warga juga rencananya akan lakukan pentalutan dibeberapa titik yang dianggap rawan longsor," tambahnya.

Markus menambahkan, dana yang terkumpul tersebut akan digunakan sebaik mungkin dan memiliki laporan pertanggung jawaban yang jelas kepada seluruh anggota.
“Sekecil apapun dana yang dibantukan oleh keluarga besar Pa’misaran To Bokin harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk perbaikan jalan, dan kami juga harus membuat laporan yang jelas dan detail terkait penggunaan dana yang ada," imbuhnya.

Sementara itu, salah satu penggagas munculnya Pa’misaran To Bokin, Harun Tumbuan mengingatkan bahwa tujuan Pa’misaran ini bukan hanya sekedar sebagai wadah untuk saling menyapa satu dengan lainnya, namun ada misi yang diemban oleh setiap anggota dan ada tujuan yang ingin dicapai sebagai tanggung jawab moril terhadap kondisi kampung halaman terutama di bidang insfatrutur jalan yang kian memprihatinkan.
“ Pa’ misaran To Bokin ini ada misi yang kita emban, ada tujuan yang kita ingin capai, dan ada tanggung jawab moril diatas pundak kita semua yaitu peduli kampung halaman. Kita semua rindu agar kampung halaman kita ini dapat sejajar dengan kampung sekitarnya yang sudah memiliki insfatruktur yang baik," kata Harun.

Harun juga mengajak seluruh lapisan masyarakat Bokin dan sekitarnya untuk menyatukan persepsi demi kemajuan kampung Bokin dan sekitarnya.
“Mari kita bersama-sama menyatukan visi-misi, menyatukan persepsi, menyatukan gerak langkah menyatukan pikiran, tenaga dan potensi demi kemajuan Tondok Bokin," pintanya.

Harun menjelaskan, Dengan adanya inisiatif masyarakat Bokin dan sekitarnya untuk berswadaya memperbaiki jalan rusak parah ini, diharapkan juga pemerintah setempat dapat memberikan perhatian khusus.
"Segera mungkin pemerintah mengupayakan perbaikan jalan, mengingat selama ini jalan poros ke Bokin cukup memprihatinkan dan dapat mengambat perputaran ekonomi masyarakat setempat," pungkasnya.
(Saldi)


Minggu, 05 Agustus 2018 18:58


TAGS:




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

+