Beri Kenyamanan Penumpang, Dermaga Waisai Bebas Kendaraan Bermotor

Minggu, 02 September 2018 | 17:25 WITA

Beri Kenyamanan Penumpang, Dermaga Waisai Bebas Kendaraan Bermotor

MCWNews.com - WAISAI | Guna memberikan rasa nyaman bagi wisatawan dan juga penumpang kapal serta para buruh bagasi di Pelabuhan Waisai, Dinas Perhubungan Kabupaten Raja Ampat mengeluarkan beberapa aturan khusus yang dimuat langsung dalam SK Bupati, serta menindakanjuti  Undang-Undang RI nomor 9 Tahun 2010, mengenai Keprotokolan bahwa negara menghormati kedudukan Pejabat Negara dan Pejabat Pemerintah

Sebagaimana yang dituangkan dalam aturan bahwa angkutan darat apapun tidak dapat memasuki areal pelabuhan tanpa terkecuali, melainkan dapat memarkirkan kendaraannya di tempat parkiran yang sudah di sediakan pemerintah, dan Mobil Pick Up dan Truck Di wajibkan membayar biaya masuk pelabuhan. 

Hal ini di lakukan karena areal pelabuhan memiliki batas maksimal menahan bobot berat benda dan juga areal dermaga merupakan area bagi pejalan kaki menuju kapal. nah hal itu yang di lakukan agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak kita inginkan bersama.

Sedangkan sesuai surat keputusan itu yang berhak ke pelabuhan besar berdasarkan UU RI nomor 9 tahun 2010 mengenai Keprotokolan. Maka yang bisa memasuki pelabuhan yakni, kendaraan Bupati dan wakil bupati, ketua DPR Raja Ampat, Kapolres Raja Ampat, Perwira Penghubung (Dandim), Danposal Angkatan Raja Ampat, Dan Mobil Ambulans/Jenazah atau kendaraan yang mengantar Orang sakit.

"Surat Keputusan itu telah berlaku dan telah di bagikan kepada semua pimpinan OPD, Tokoh Masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, dan semua stakcholder di kabupaten Raja Ampat," kata Kepala Dinas Perhubungan, melalui sekretarisnya Tonny Y. Ratusehaka.

Berdasarkan pantauan di lapangan, nampak jelas dan tertata rapi setelah dikeluarkan aturan tersebut, wilayah pelabuhan tidak ada kendaraan yang masuk ke dermaga namun buruh bagasi dan penumpang. Para penjemput dan ojek hanya bisa memarkir kendaraannya di tempat yang telah disediakan diluar portal pelabuhan.

(caken)


Minggu, 02 September 2018 17:25


TAGS:




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

+