Kemendagri Bersama Pemkab Maybrat Gelar Bimtek Pendataan Kependudukan

Selasa, 02 Oktober 2018 | 21:56 WITA

 Kemendagri Bersama Pemkab Maybrat Gelar Bimtek Pendataan Kependudukan

MCWNews.com - MAYBRAT | Kepala Distrik sekabupaten Maybrat mengikuti bimbingan teknis tentang prosedur dan tata cara pindah datang penduduk di kabupaten Maybrat.

Kegiatan Bimtek tersebut dibuka langsung oleh sekretaris direktorat pendaftaran penduduk direktorat jendral kependudukan dan pencatatan sipil kementerian dalam negeri. Dr. Ir. Gede Suratha, Selasa (2/10/2018).

"Kependudukan adalah rangkaian kegiatan penataan, penertiban dalam penertiban dokumen dan data kependudukan, melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan informasi penduduk serta pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik dan pembangunan sektor lain.," Kata Gede Suratha.

Ia juga menjelaskan, Pencatatan Sipil adalah pencatatan peristiwa penting yang dialami oleh seseorang dalam register pencatatan sipil pada Instansi pelaksana. Sedangkan Dokumen Kependudukan adalah dokumen resmi yang diterbitkan oleh Instansi Pelaksana yang mempunyai kekuatan hukum sebagai alat bukti authentic yang dihasilkan dari pelayanan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil.

Bupati Maybrat yang diwakili kepala dinas kependudukan dan pencatatan sipil Yohanes Naa, S.Sos mengatakan pentingnya kegiatan sosialisasi kependudukan di kabupaten Maybrat karena penduduk saat ini tidak didata dengan baik.

"Di kabupaten Maybrat saat ini banyak pemekaran, kampung, Distrik dan juga penduduk maka perlu adanya pendataan yang baik oleh kepala distrik dan kepala kampung," kata Yohanes.

Yohanes Naa mengajak kepala distrik dan kampung selesai kegiatan Bimtek itu akan dilanjutkan sosialisasi kepada masyarakat sampai ditingkat bawah, karena saat ini penambahan penduduk yang terjadi di tingkat distrik dan kampung.

Pada kesempatan yang sama, ketua panitia penyelenggara Bimbek, Oktovianus Way, S.IP dalam laporannya mengungkapkan tujuan dari kegiatan Bimtek itu guna menyamakan persepsi yang utuh antara pemerintah pusat dengan pemerintah provinsi dan kabupaten terkait dengan prosedur dan tata cara pindah datang penduduk dalam upaya menyukseskan program nasional dan target kinerja bidang administrasi kependudukan.

"Meningkatkan kesadaran aparatur dan masyrakat dibidang administrasi kependudukan menuju tertib administrasi kependudukan secara nasional," kata Oktovianus.

(Charles)


Selasa, 02 Oktober 2018 21:56


TAGS:




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

+