Walikota Sorong Dukung Deklarasi Dewan Adat Suku Moi Wilayah Maladum

Jumat, 05 Oktober 2018 | 05:30 WITA

Walikota Sorong Dukung Deklarasi Dewan Adat Suku Moi Wilayah Maladum

MCWNews.com - SORONG |  Dukungan pemerintah atas kehadiran Dewan Adat Suku Moi Wilayah Maladum Kota Sorong diwujudkan dengan menyiapkan peraturan daerah, Perda Adat yang akan memberikan perlindungan atas keberadaan masyarakat Moi yang  merupakan masyarakat suku asli pemilik Tanah Adat Maladum atau yang dikenal dengan sebutan Sorong.

Hal ini disampaikan Walikota Sorong Lambertus Jitmau saat menghadiri acara deklarasi Dewan Adat Suku Moi wilayah Maladum, Kota Sorong.
Ia mengatakan, hadirnya Dewan Adat ini juga dapat membantu suksesnya pembangunan daerah, dan pemerintah akan memberikan perlindungan terhadap keberadaan masyarakat asli melalui program yang dibuat oleh pemerintah daerah.

"Kami akan memberikan dukungan atas hadirnya dewan adat ini, kita akan bersama-sama menghadirkan suatu peraturan daerah yang kuat untuk melindungi masyarakat Moi," jelas Lambertus Jitmau, Kamis (4/10/2018).

Sementara itu, Ketua LMA Malamoi, Silas Ongge Kalami menegaskan, kondisi masyarakat adat moi yang mulai terpinggirkan harus mendapat perhatian, sehingga masyarakat adat yang jumlah semakin sedikit tetap dihargai ditanahnya sendiri.

"Dewan Adat ini akan memperkuat keberadaan masyarakat adat, jangan sampai kami yang jumlahnya semakin sedikit akan semakin terpinggirkan" kata Silas Ongge Kalami.

Kegiatan Deklarasi Dewan Adat suku Moi di gedung Keik Malamoi diikuti seluruh unsur suku Malamoi dan Akademisi, TNI POLRI dan Elemen Elemen di Kota dan Kabupaten Sorong.
(Charles)


Jumat, 05 Oktober 2018 05:30


TAGS:




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

+