Kadis Kesehatan Klaim PON XX Papua Bebas Malaria

Selasa, 06 November 2018 | 15:45 WITA

Kadis Kesehatan Klaim PON XX Papua Bebas Malaria

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, drg. Aloysius Giyai, M.Kes

MCWNews.com - JAYAPURA | Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, drg. Aloysius Giyai, M.Kes meyakinkan bahwa pihaknya menjamin semua atlet dan official pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua Tahun 2020 mendatang aman dari malaria. Selasa (6/11/2018).

Jaminan itu dikatakan oleh Alysius Giyai kepada awak media di Abepura. Aloysius mengatakan, jaminan tersebut dilakukan dengan malakukan langkah – langkah pencegahan dan sterilisasi dari Malaria.

“Langkah pencegahan kita lakukan, dan nanti jelang enam bulan pelaksanaan PON, melalui surat Gubernur Papua, kita meminta kepada pihak Dinas Kesehatan dari 24 Provinsi yang menjadi peserta PON untuk memberikan pencegahan kepada atlet dan officilanya untuk malaria,” Kata Aloysius.

Langkah lainnya adalah sterilisasi lingkungan dan venue PON. Dia menyebut, jika pihaknya bekerjasama dengan instansi terkait untuk sama – sama berkolaborasi melakukan pembersihan jentik nyamuk.

“Kita akan kerjasama dengan stakeholder terkait, semisal dengan badan lingkungan hidup, dan dinas Perikanan, dengan  tujuannya untuk melakukan pembasmian jentik nyamuk malaria. Sehingga saya sampaikan bahwa kita menjamin athlit dan officila selama PON Papua, dan ini sudah saya sampaikan waktu menghadap ke Jakarta,” ucapnya.

Untuk diketahui, malaria adalah penyakit berbahaya yang disebabkan oleh parasit dari nyamuk Anopheles betina. Provinsi Papua dan Papua Barat, adalah salahatu wilayah di Indonesia yang endemis penyebaran nyamuk ini. Pencegahan dan penanganan yang tepat dan cepat diperlukan untuk mmemberikan pertolongan pertama bagi penderita Malaria.

(Ed)


Selasa, 06 November 2018 15:45


TAGS:




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

+