Aplikasi PRODENPASAR Terima 1.694 Aduan, Dinas PU Paling Banyak Laporan

Jumat, 11 Januari 2019 | 14:00 WITA

Aplikasi PRODENPASAR Terima 1.694 Aduan, Dinas PU Paling Banyak Laporan

MCWNews.com - DENPASAR | Layanan Pengaduan Rakyat Online Kota Denpasar (PRODENPASAR) adalah aplikasi berbasis website yang melibatkan partisipasi publik dan bersifat dua arah, yang digunakan sebagai alat bantu untuk melakukan monitoring dan verifikasi capaian program pembangunan maupun pengaduan masyarakat terkait pelaksanaan program pembangunan di Kota Denpasar.

Sejak diluncurkan pada tahun 2013 ternyata menjadi layanan pengaduan masyarakat yang sangat efektif. Pro Denpasar dirasa semakin memudahkan pengaduan masyarakat dengan respon cepat dan aplikasi yang sangat mudah diakses. Tahun 2013 pengaduan masyarakat di angka 33, tahun 2014 naik menjadi 595, di tahun 2015 naik lagi menjadi 870 dan tahun 2016 naik di angka 2.576, dan pda tahun 2017 kemarin total terdapat 2.448 pengaduan dan tuntas ditangani. 

Namun, Sepanjang 2018 jumlah pengaduan mengalami penurunan yaitu total sejumlah 1.694 yang terdiri atas 1.132 sudah ditindaklanjuti lapangan, sejumlah 556 pengaduan respon awal dan 6 yang belum tindak lanjut karena masih proses tinjauan permasalahan.

Kepala Seksi Pengelolaan komunikasi dan informasi publik, Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Denpasar I Made Arta Wibawa mengungkapkan pada tahun 2018 untuk pengaduan terkait jalan rusak paling tinggi yakni mencapai 260 laporan, Kemudian disusul laporan untuk lampu penerangan jalan sebanyak 204 laporan, terkait layanan PDAM sebanyak 148 laporan, kemudian terkait pengaduan

saluran air atau saluran pembuangan sebanyak 82 laporan, dan laporan parkir liar mencapai 75 aduan.

"Kelima bidang laporan itu masih menjadi yang tertinggi," ujarnya, di Kantornya, Denpasar, Jum'at (11/1/2019).

Untuk laporan jalan rusak selanjutnya ditangani oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, sedangkan untuk laporan terkait lampu penerangan jalan ditangani oleh Dinas Perhubungan Kota Denpasar.

Arta menambahkan, setiap pengaduan yang masuk akan selalu dikoordinasikan dengan dinas terkait agar pengaduan tersebut bisa segera diproses lebih lanjut. Kemudian masyarakat pun bisa memantau apa pengaduannya benar ditindaklanjuti atau belum.

"Data itu selalu kami teruskan kepada dinas terkait untuk segera ditindaklanjuti, dan hasil tindak lanjutnya pun juga diupload ke website PRODENPASAR," imbuhnya.

Ia berharap masyarakat turut membantu dan berpartisipasi dalam membangun kota Denpasar menjadi lebih baik kedepannya.

"Dengan adanya aplikasi pro denpasar diharapkan masyarakat ikut berperan aktif dan meningkatkan partisipasi dalam membangun kota denpasar menjadi lebih baik," pungkasnya.(NW)


Jumat, 11 Januari 2019 14:00


TAGS:




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

+