Gubernur Minta Masyarakat dan Pemerintah Bermitra Dalam Membangun Tempat Ibadah

Selasa, 29 Januari 2019 | 06:41 WITA

Gubernur Minta Masyarakat dan Pemerintah Bermitra Dalam Membangun Tempat Ibadah

MCWNews.com - TEMINABUAN | Gubernur Provinsi Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan berjanji akan mendukung pembangunan gedung gereja Syaloom Seribau GKI Klasis Teminabuan. Pernyataan ini disampaikan saat menghadiri acara peletakan batu pertama pada Minggu 27 Januari 2019 kemarin  dikampung Seribau Distrik Teminabuan Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel).

Prosesi peletakan batu pertama ini dilakukan oleh Gubernur Provinsi Papua Barat Dominggus Mandacan, Ketua BPAM Sinode GKI Ditanah Papua Pdt. Hendrikus Mofu,STh, Ketua DPRD Provins Papua Barat Piter Konjol, Ketua BPAM Koordinator Wilayah 7 Sorong Raya Pnt Nimbrot  Sesa, Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli, Bupati Maybrat Bernard Sagrim, Dan Ketua Panitia Pembangunan Gedung Gereja GKI Syaloom Seribau Dance Yulian Flassy, dan Kapolres Sorong Selatan AKBP Hans Rahmatuloh Irawan, SIK.   

Turut hadir juga Wakil Bupati Sorong Selatan Drs Martinus Salamuk, Ketua Klasis Teminabuan, Pdt Timotius Sagisolo,S.Si, sejumlah Pimpinan OPD Dilingkungan Pemprov Papua Barat dan pimpinan OPD diling Kabupaten Sorsel.

Gubernur Provinsi Papua Barat Dominggus Mandacan dalam sambutanya meminta agar jemaat GKI Syaloom jangan ragu dengan melihat gambar dan denah serta RAB yang ada terus timbul keraguan  karena gedung gereja yang begitu besar yang pastinya akan membutuhkan banyak biaya.

Gubernur meminta agar jemaat tidak down dan dengan Iman yang teguh dan selalu pasrah kepada Tuhan untuk meminta campur tangan Tuhan dengan berlutut dan berdoa dan menurutnya Tuhan pasti akan menjawab Doa umatnya  melalui anak anak Tuhan yaitu sebagai Gubernur, Bupati, Pejabat yang ada dan semua anggota jemaat .

“Tentunya Tuhan akan meringankan langkah dalam rangka mendukung panitia sehingga gedung gereja ini akan dibangun sampai selesai tepat pada waktu Tuhan,” ungkapnya

Gubernur menyampaikan terimah kasih kepada 2 orang Bupati asal Suku Tehit yang telah berjasa dan berkontribusi kepada warga Manokwari dalam rangka menghimpun pemimpin GKI saat itu untuk melaksanakan doa pertobatan dan pemulihan bagi orang Manokwari sehingga  mulai saat itu setelah 10 tahun kemudian orang Arfak dan Manokwari   mendapat kesempatan menjadi pemimpin di Tanah Manokwari.  

Pihaknya selaku pemerintah Provinsi akan siap  mendukung pembangunan sarana prasarana rumah peribadatan untuk itu diharapkan pemerintah, gereja dan masyarakat adat selaku mitra.

 “Mari bersama membangun kualitas iman umat yang lebih baik sehingga tidak terjadi perpecahan diantara umat beragama. Kami meminta ketua panitia untuk proaktif dan membangun komunikasi dengan pemerintah Provinsi  Papua barat dan selalu berkoordinasi dengan pihaknya sehingga pembangunan gedung gereja ini dapat berjalan baik dan selesai tepat waktu,” tambahnya.

Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli dalam sambutanya mengatakan patut kita syukuri bahwa  di 92 tahun Injil telah masuk di tanah Tehit dan telah membawa berkat bagi kita semua.

Pemerintah dan gereja adalah mitra kerja yang harus terjaga karena gereja lah yang  memiliki umat dan masyarakat, Dijelaskan juga bahwa gereja juga yang telah bertugas  memberikan pembinaan bagi karakter umat.

“Kami selaku pemerintah akan selalu  menyiapkan bangunan fisik dan sarana prasarana peribadatan dan dari evaluasi kami  pada tahun sebelumnya sejak tahun 2017  sampai sekarang kami telah menyiapkan bantuan sarana peribadatan sebesar mulai Rp 100 Jt hingga Rp 1 Miliar,” ungkapnya.

Dengan bantuan pembangunan gedung gereja di sejumlah sudut kota Teminabuan ini juga dimaksudkan untuk memperindah  dan mempercantik tata kota Teminabuan.

Sementara itu Ketua Panitia Pembangunan gedung Gereja GKI Syaloom Seribau Dance Yulian Flassy yang juga menjabat sebagai Sekda Sorong Selatan menyampaikan terimah kasih kepada Ketua BPAM Sinode, Pemerintah Provinsi PB, Pemerintah Kabupaten Sorong Selatan serta semua pihak yang telah terlibat dalam rangka menyelesaikan pembangunan gereja ini.

"Dari kampung ini telah menghasil kan sejumlah penginjil yang telah menginjili sejumlah wilayah di daerah Sorong Selatan hingga wilayah Maybrat untuk itulah maka semua wilayah yang mendapat terang dari penginjilan ini diharapkan untuk menaruh  perhatian bagi pembangunan gedung gereja ini nantinya,“ pintanya.(*)


Selasa, 29 Januari 2019 06:41


TAGS:




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

+