Pemprov Papua Barat Alokasikan 10 Persen Dana Otsus Untuk Bidang Keagamaan

Rabu, 30 Januari 2019 | 16:55 WITA

Pemprov Papua Barat Alokasikan 10 Persen Dana Otsus Untuk Bidang Keagamaan

MCWNews.com - TEMINABUAN | Gubernur Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan, Sabtu (26/1/2019) lalu, meninjau proses pembangunan gedung Masjid Agung Darul Ulum Keyen Teminabuan, Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel). Kunjungan kali  ini sangat berkaitan  pelaksanaan MTQ Tingkat Prov. Papua Barat dan masjid itu dijadikan sebagai salah satu tempat kegiatan pada tahun 2020 mendatang dimana Kabupaten Sorsel dipercayakan sebagai tuan rumah

Gubernur Dominggus Mandacan dalam sambutannya menyampaikan, Pemprov. Papua Barat juga memberikan perhatian terhadap pembangunan keagamaan. Maka itu 10 persen dari Dana Otsus jatah provinsi, akan dikhususkan untuk bantuan pembangunan bagi semua lembaga keagamaan di kabupaten/ kota se-Papua Barat.

"Sekitar Oktober 2018 lalu kita telah laksanakan rapat koordinasi bidang keagamaan, dihadiri oleh semua pimpinan lembaga keagamaan termasuk dari MUI. Dalam rapat di Manokwari, pemerintah provinsi menjelaskan pembangunan di bidang keagamaan.dan disini telah diputuskan tugas dan kewenangan  serta tanggungjawab pemerintah provinsi dan  kabupaten/ kota," ungkap Gubernur Mandacan. 

Pihak panitia pembangunan Masjid Agung Darul Ulum Keyen dalam memberikan laporan menyampaikan, pembangunan masjid itu sudah berlangsung kurang lebih dua tahun. Sumber dana dari awal sampai selesainya pembangunan diperkirakan mencapai Rp 8,9 miliar lebih. 

Oleh karena itu sangat diharapkan perhatian Pemprov. PB maupun Pemda Sorsel, supaya pada tahun 2020 pembangunan masjid tersebut yang saat ini baru mencapai kurang lebih 40 persen dapat meningkat pembangunannya. Dengan demikian bisa dipergunakan sebagai salah satu tempat kegiatan MTQ Tingkat Prov. Papua Barat.

Bupati Sorsel Samsudin Anggiluli, SE dalam kesempatan ini mengungkapkan, salah satu visi misi daerah adalah program pembangunan di bidang mental spiritual. Untuk itu Pemda Sorsel setiap tahun selalu menganggarkan untuk pembangunan bidang keagamaan, termasuk bantuan untuk pembangunan rumah ibadah. Baik itu bagi pembangunan gereja-gereja maupun masjid.

"Secara khusus tempat ibadah  yang ada di Teminabuan sebagai ibu kota kabupaten,  harus dibangun bagus karena itu akan menambah keindahan kota. Termasuk masjid agung yang ini akan digunakan tahun depan untuk kegiatan MTQ Tingkat Papua Barat, tahun ini kita anggarkan bantuan sebesar Rp. 1 miliar. Saya juga sampaikan terima kasih kepada bapak gubernur yang juga memerikan perhatian terhadap pembangunan rumah ibadah yang ada di Sorsel," ungkapnya.

Turut Hadir dalam acara ini Bupati Sorsel Samsudin Anggiluli, SE, Kapolres Sorsel AKBP Hans Rachmatulloh Irawan, S.IK, Wakil Bupati Drs. Martinus Salamuk, Sekda Dance Y. Flassy, SE,M.Si, Pimpinan OPD di Lingkup. Prov. PB Pimpinan OPD dilingkungan pemkab Sorong Selatan serta para tokoh dan umat muslim.(*)


Rabu, 30 Januari 2019 16:55


TAGS:




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

+