Komisi V DPR RI Tinjau Lokasi Rencana Pengembangan Infrastruktur Di Kota Ambon

Jumat, 08 Februari 2019 | 05:12 WITA

Komisi V DPR RI Tinjau Lokasi Rencana Pengembangan Infrastruktur Di Kota Ambon

Rombongan Komisi V DPR RI berpose di Jembatan Merah Putih Kota Ambon

MCWNews.com - AMBON | Komisi V DPR RI bersama Kementerian PUPR dan mitra kerja lainya melakukan kunjungan kerja (Kunker) spesifik di Kota Ambon dalam rangka meninjau perkembangan infrastruktur di Kota Ambon.
Kunker tersebut dipimpin oleh Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemy Francis dan anggota Komisi V DPR RI lainnya.

Peninjauan dilakukan untuk mengawasi kinerja Kementerian PUPR dalam menangani masalah Kota Ambon, seperti masalah banjir dan konektivitas.

Infrastruktur yang dikunjungi dalam rangkaian kunjungan kerja spesifik kali ini difokuskan kepada infrastruktur pengendali banjir Way Lela dan rencana pembangunan Fly Over Sudirman, Kota Ambon.

Sekretaris Dewan Sumber Daya Air (SDA), Ditjen SDA Kementerian PUPR, Apriady Mangiwa menjelaskan bahwa saat ini Kota Ambon dilalui oleh 5 anak sungai dan tingkat kemiringan lahan yang curam, sehingga perlu penanganan mulai dari hulu hingga ke hilir wilayah sungai agar tidak terjadi banjir.

Senada dengan hal tersebut, Kepala Balai Wilayah Sungai XVI Kota Ambon, Hariyono Utomo menjelaskan program-program yang telah dilaksanakan untuk dapat meminimalisir efek banjir di Kota Ambon. “Salah satunya adalah restorasi Way Lela dengan memperkuat tebing, penataan sempadan sungai, dan pembangunan check dam,” kata Hariyono.

Selain infrastruktur SDA, melalui BPJN XVI Ambon, Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR hal lain yang ditangani ialah masalah konektivitas yang terjadi di Kota Ambon.
Salah satunya adalah rencana untuk membangun jalan layang di Jalan Sudirman Kota Ambon untuk mengurangi dampak kemacetan yang terjadi di Jalan Rijali.

“Direncanakan tahun 2019 ini akan dibangun jalan layang di Jalan Sudirman Kota Ambon dengan anggaran Rp. 200 Milyar.
Untuk itu kami mohon kerjasamanya agar niat baik ini dapat terlaksana,” kata Kepala BPJN XVI Ambon, Satrio Sugeng Prayitno.

Selain pekerjaan jalan layang, Kementerian PUPR merencanakan akan merevitalisasi ruas jalan nasional yang melintasi Kota Ambon sebagai jalur alternatif untuk memasuki Kota Ambon, yaitu melalui ruas Jalan Pantai Mardika.

Dalam kesempatan ini, Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemy Francis turut memberikan dukungan dan masukan untuk setiap program yang diberikan oleh Kementerian PUPR agar dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Kota Ambon.

Selain itu, dalam rangka penyelesaian masalah secara menyeluruh, Anggota Komisi V DPR RI, Sungkono, memberi masukan agar dalam setiap pekerjaan ada sinergi antar instansi, sehingga solusi yang diberikan dapat dirasakan secara masif oleh masyarakat Kota Ambon.(*)


Jumat, 08 Februari 2019 05:12


TAGS:




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

+