Ruas Mansel-Bintuni Akan Diaspal Tahun Ini

Senin, 11 Februari 2019 | 21:05 WITA

Ruas Mansel-Bintuni Akan Diaspal Tahun Ini

Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah IV Bintuni, Benjamin E. Pesurnay, ST. MM

MCWNews.com - MANOKWARI | Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XVII Manokwari telah melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan perusahaan Hak Pengusahaan Hutan (HPH) PT. Megapura Mambramo Bangun pada 23 November 2018 terkait peningkatan jalan nasional yang menghubungkan Manokwari Selatan - Teluk Bintuni.

Dengan adanya penandatanganan MoU ini, maka jalan nasional sepanjang 20 kilometer yang menghubungkan Manokwari Selatan-Teluk Bintuni akan segera diaspal pada 2019.

“Kami sudah membuat perjanjian kerja sama dengan perusahaan Megapura Mambramo Bangun dan akan melakukan pengaspalan secara bertahap pada 2019 ini,” kata Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah IV Bintuni, Benjamin E. Pesurnay, ST. MM saat ditemui diruang kerjanya, beberapa waktu lalu.

Dalam perjanjian kerja sama tersebut, bahwa pihak BPJN Papua Barat akan melakukan pengasapalan dan memelihara jalan operasional perusahaan itu.

"Namun dengan catatan, pihak perusahaan juga harus mengurangi beban tonase kendaraan truk pengangkut yang sebelumnya mencapai 40 ton, supaya disesuaikan dengan kondisi jalan menjadi 10 ton, dengan tujuan agar kondisi jalan tidak cepat rusak," jelas Benjamin.

Ia menjelaskan, ruas Manokwari Selatan - Bintuni total panjang 75 kilometer, sudah teraspal sepanjang 55 kilometer, jadi sisa 20 kilometer belum teraspal. 

"Pada tahun ini kita akan melakukan pengaspalan sepanjang 5 kilometer dari total panjang 20 kilometer, sudah persiapan proses lelang," imbuhnya.

Sedangkan, tambah Benjamin, untuk ruas Trans Papua Barat Segmen II dari Manokwari - Wasior - Batas Provinsi Papua sepanjang 475 kilometer, sudah tembus sejak 2017 lalu dengan rincian sepanjang 176,35 kilometer sudah teraspal dan 299,46 kilometer.

Selain itu, Satker PJN Wilayah IV Bintuni juga melakukan peningkatan dan pembangunan jembatan pada jalur Mameh - Bintuni sebanyak 2 Jembatan, Ruas Trans Papua Segmen II sebanyak 36 Jembatan, dan juga ada 19 Jembatan yang masih sedang berlangsung pembangunannya.

"Total ada 57 jembatan yang dilakukan peningkatan dan juga pembangunan pada tahun ini," pungkasnya.(*)


Senin, 11 Februari 2019 21:05


TAGS:




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

+