Bupati : Hadirnya Pabrik Pengolahan Udang, Bisa Meningkatkan PAD Sorsel

Selasa, 12 Februari 2019 | 13:05 WITA

Bupati : Hadirnya Pabrik Pengolahan Udang, Bisa Meningkatkan PAD Sorsel

MCWNews.com - TEMINABUAN | Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli,SE meresmikan Pabrik Pengelolaan Udang dan Ikan PT Piala Seafood Indonesia  yang akan beroperasi di kabupaten Sorong Selatan yang berlokasi di kampung Tapiri Distrik Teminabuan, Senin (11/02/2019).

Peresmian yang ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita berlangsung sukses dan lancar dihadiri oleh Wakil Direksi PT. Piala Seafood Indonesia Lukman Yusuf, Wakil Bupati Drs. Marthinus Salamuk, Waka Polres Sorsel Kompol Bidik Risaladi, SH, sejumlah Anggota DPRD Sorsel, Kasatpol Airud Ipda A. Tabaga, perwakilan Koramil Teminabuan, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sorsel Isak Meres, SH,M.Si, sejumlah Pimpinan OPD, Pimpinan BUMN-BUMD dan undangan lainnya.

Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli,SE saat menyampaikan sambutanya mengatakan  sejak berdiri kabupaten ini hingga saat ini kurang lebih 16 Tahun Sorong Selatan telah memiliki sumberdaya alam dibidang perikanan  yang sangat melimpah namun sampai saat ini  belum memiliki Peraturan Daerah tentang pungutan retribusi hasil laut.

Untuk peningkatan ekonomi dan kesejahteraan rakyat Sorong Selatan pihaknya  telah mencari investor dan berhasil menjalin koordinasi dengan PT  Piala Seafood Indonesia yang saat ini telah mendirikan Pabrik dan akan mengelolah Ikan dan udang di kabupaten Sorong Selatan.

“Saya harapkan hal ini akan memberikan dampak yang baik yaitu pendapatan asli daerah bagi kabupaten kita ini dan membuka lapangan kerja bagi putra putri asli papua ” Jelasnya.

50 Kapal Udang yang terdaftar beroperasi di kabupaten Sorong Selatan dan kurang lebih 2000 nelayan Sorong Selatan hendaknya dapat menjual hasil lautnya di Pabrik ini sehingga PAD Sorong Selatan meningkat dan hasil udang Sorong Selatan memiliki label Sorong Selatan dan dikenal secara meluas bahwa udang ini adalah udang hasil tangkapan dari wilayah kabupaten Sorong Selatan.

“Saat ini banyak penadah udang dari kabupaten lain yang beroperasi di wilayah Sorong Selatan  dan kemudian membawa hasil laut Sorsel ke kabupaten lain dan menjualnya  seolah olah bahwa hasil laut ini adalah milik kabupaten lain,” ungkapnya.

Namun kedepan saya harapkan agar dapat dibuatkan peraturan agar semua hasil laut Sorong Selatan dapat di jual ke Pabrik ini sehingga PAD Sorong Selatan  dapat meningkat dan Sorong Selatan Sebagai penghasil udang dapat diketahui melalui label Sorong Selatan.
(timmcwnews)


Selasa, 12 Februari 2019 13:05


TAGS:




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

+