Museum Pendet Suguhkan Hasil Karya Seni Jenaka

Selasa, 19 Februari 2019 | 20:34 WITA

Museum Pendet Suguhkan Hasil Karya Seni Jenaka

MCWNews.com - GIANYAR | Museum Pendet Kabupaten Gianyar Bali memang identik dengan budaya seni masyarakatnya. Kawasan ini memang sangat populer dengan penghasil karya seni ukir, patung dan juga seni lukis.

Tidak mengherankan kawasan pariwisatanya seperti Ubud banyak terdapat galeri dan juga museum yang menampilkan karya seni lukis dan patung.

Salah satunya adalah Museum Pendet dibuka oleh pelukis ternama Ida Bagus Made pada tanggal 14 April 1999 dan diresmikan oleh Bupati Gianyar saat itu yaitu Tjok Gede Budi Setiawan pada tanggal 22 Desember 2002.

Dengan dibukanya Museum Pendet untuk umum, maka semakin lengkaplah deretan museum-museum seni yang ada di Ubud ini, sehingga tidak mengherankan bagi wisatawan yang ingin menemukan museum seni lukis ataupun seni patung di Bali, maka Ubud akan menjadi tujuan wajib.

Ubud memang memiliki banyak hal yang ditawarkan bagi wisatawan yang berkunjung ke Bali, selain sejumlah museum dan galeri seni keindahan alam dan suasana alamnya juga menjadi salah daya tarik utama Ubud, sehingga kawasan ini selalu ramai pengunjung yang menyebabkan pusat kota Ubud ini selalu krodit dan rentan dengan kemacetan.

Museum Pendet terletak di desa Nyuh Kuning, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, hanya berjarak sekitar 3 km dari pusat kota Ubud, sehingga anda yang berkunjung ke sini bisa terhindar dari kemacetan.

Mendengar nama museum tersebut, mungkin terlintas dengan nama Tari Pendet yang merupakan sebuah tarian Bali yang populer. Tetapi nama Pendet yang disematkan untuk museum ini, diambil dari seorang maestro seni bernama Wayan Pendet, dan di museum tersebut menampilkan berbagai hasil karya seni dari Wayan Pendet, setidaknya ada 80 buah hasil karya seni patung dan 29 lukisan.

Wayan Pendet memang cukup spesial, selain sebagai pematung handal juga menyandang predikat sebagai pelukis ulung. Memang antara lukisan dan patung memiliki kaitan seni yang sangat erat, dan keahlian tersebut dimiliki oleh Wayan Pendet, dimana jarang dimiliki oleh maestro seni lainnya. Hasil karyanya banyak dikagumi oleh para pecinta seni, sehingga dibuatlah museum seni yang menampilkan hasil-hasil karya Wayan Pendet.

Di museum tersebut juga ditampilkan hasil karya dari anak sulung Wayan Pendet yang bernama Wayan Gunasta, hasil lukisannya dengan tema-tema jenaka atau humor. Hasil karya seni Wayan Pendet, selain menampilkan karya seni yang berestetika, namun juga menyuguhkan tema lain dengan tampilan bernuansa humor, sejumlah hasil karya seni patung dibuat berpenampilan lucu sehingga bisa membuat penikmatnya senyum-senyum sendiri.

Hasil karya dengan tema jenaka tersebut tidak hanya terdapat dalam ruangan pameran saja tetapi juga di luar ruangan yang siap menyambut anda di lokasi.

Jarak dari bandara Ngurah Rai sekitar 35 km, mengagendakan berkunjung ke Museum Pendet anda bisa mengemas acara jalan-jalan tour ke sejumlah objek wisata terdekat dari Museum Pendet tersebut, sehingga acara tour anda lebih maksimal seperti objek wisata Monkey Forest, Bukit Campuhan, Puri Saren Agung atau juga bisa ikut rafting di sungai Ayung.

Nilai tambah sampai hari ini di museum Pendet ialah dilaksanakannya temuwicara mengenai segala permasalahan hukum dan sosial yang dilaksanakan setiap satu bulan sekali dan boleh dihadiri oleh halayak umum, sehingga terjadi sinergitas antara dunia akademik dan praktisi.

(LN)


Selasa, 19 Februari 2019 20:34


TAGS:




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

+