Kadis PMD Sigi Ingatkan Alokasi Desa Harus Sesuai Peruntukan

Rabu, 20 Februari 2019 | 17:36 WITA

Kadis PMD Sigi Ingatkan Alokasi Desa Harus  Sesuai Peruntukan

Kepala Dinas Pemberdaya Masyarakat desa Kabupaten Sigi, Anwar, S.Sos

MCWNews.com - SIGI | Sejak dana desa di kucurkan oleh presiden Ir.Joko Widodo, pada tahun 2015 sekitar 20 triliun dan meningkat menjadi 47 triliun. Alokasi dana desa pada APBN 2017 naik menjadi 60 triliun sedangkan dalam APBN 2018 alokasi dana desa naik kembali menjadi 61 triliun. 

Kepala dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Sigi Anwar, S.Sos, mengatakan, setiap kepala desa harus benar-benar tahu cara pengelolaan dana transparan dan akuntabel. 

Dalam pengelolaan dana desa tentunya peran BPD sebagai pendamping desa ikut mengawal karena sudah di atur dalam undang-undang no 6 tahun 2014 tentang pasal 55 sebagaimana di sebutkan badan pemberdayaan masyarakat desa (BPD) mempunyai fungsi.

"membahas dan menyepakati rancangan peraturan desa bersama kepala desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa, melakukan pengawasan kinerja kepala desa," kata Anwar.

Saat di kunjungi awak media mcw di ruang kerjanya 19/02/2019. Anwar mengatakan dengan jelas bahwa di beberapa kecamatan masih saja terdapat kepala desa yang mengelola dana desanya masih banyak terdapat kekeliruan dalam penggunaan dana desa seperti pembangunan infrastruktur jalan kantong produksi yang tdk selesai, pekerjaan drainase yang dananya diambil dari DD tidak selesai semuanya. 

"Kepala desa dalam penggunaan dana DD sesuai tupoksi dan juknis agar di kemudian hari nantinya tidak ada lagi kepala desa yang di tangkap karena kekeliruan dalam pengelolaan dana desanya," kata Anwar. (Ad)


Rabu, 20 Februari 2019 17:36


TAGS:




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

+