Ribuan Masyarakat Keerom Dapat Sertifikat Tanah Gratis

Senin, 25 Februari 2019 | 17:41 WITA

Ribuan Masyarakat Keerom Dapat Sertifikat Tanah Gratis

MCWNews.com - KEEROM | Demi mendukung program Presiden Joko Widodo, bagi-bagi sertifikat tanah gratis di seluruh Indonesia, Bupati Keerom M Markum bersama Kepala Badan Pertanahan Kab Keerom, Yohanes Boapi, memberikan 1.200 sertifikat tanah gratis dari 91 kampung dan 13 distrik, kabupaten Keerom, Papua, Senin (25/2/2019).

Penyerahan sertifikat itu dilaksanakan di Gedung Pramuka, Arso Swakarsa, Distrik Arso, Kabupaten Keerom, Papua, Senin.

"Ini merupakan program unggulan pemerintahan Jokowi untuk menyerahkan sertifikat tanah di seluruh Indonesia" kata M Markum dalam sambutannya dihadapan seribuan warga yg hadir.

Bupati berpesan setelah menerima sertifikat, warga Keerom diharapkan tidak menjual tanah yang telah berdokumen tersebut, tetapi bisa digunakan untuk usaha dengan mengagungkan ke bank guna mendapatkan modal.

"Sertifikat tanah yang dibagikan ini secara gratis oleh pemerintah, jangan dijual. Dipakai untuk usaha boleh. Oh, iya, juga dalam mengurus dokumen tanah jangan percaya calo, langsung saja ke dinas terkait," katanya.

Warga penerima sertifikat juga diminta untuk bersama-sama menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang telah mencanangkan dan melaksanakan pembagian seetifikat tanah secara gratis.

"Terima kasih Presiden Jokowi dan Bupati Keerom," demikian pernyataan bersama warga penerima sertifikat.

Sementara itu, Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Keerom Yohanes Boapi menjelaskan bahwa target yang dilakukan oleh pihaknya sebanyak 6000 bidang lahan dan realisasinya 6020 bidang, sedangkan untuk pembuatan sertifikat tanah targetnya 4000 lembar dan realisasinya sebanyak 4054 lembar.

"Dan hari ini, dibagi sebanyak 1200 lembar sertifikat dari 4045 lembar yang sedang diproses. Dari sebanyak ini, 85 persen diserahkan kepada orang asli Papua dan sisanya 15 persen non orang asli Papua, " katanya.

Yohanes menyampaikan terima kasih kepada Bupati Keerom dan jajarannya hingga kepala OPD dan kepala distrik yang telah membantu proses hingga penerbitan sertifikat tanah.

"Ini merupakan program pemerintah masa kini yang membagi-bagikan serifikat tanah secara gratis, program Presiden Jokowi," kata Yohanes.

(Ric)


Senin, 25 Februari 2019 17:41


TAGS:




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

+