KPU Kota Jayapura Temukan 12.000 Lebih Surat Suara Rusak

Rabu, 13 Maret 2019 | 07:47 WITA

KPU Kota Jayapura Temukan 12.000 Lebih Surat Suara Rusak

MCWNews.com - JAYAPURA | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jayapura menemukan setidaknya 12.000 lebih surat suara rusak selama 10 hari proses pelipatan.

Kepala Sub Bagian Logistik dan Keuangan KPU Kota Jayapura, Tito Paradoan kepada awak media menyebut kerusakan banyak ditemui dengan bintik noda tinta.

"Untuk kategori rusak ada 2 jenis, yaitu rusak berat dan rusak ringan. Dan yang paling banyak kita temui adalah rusak ringan, dimana terdapat noda tinta pada surat suara, sementara rusak berat yaitu sobek pada ujung maupun bagian lipatan ada beberapa sehingga kita pisahkan,” Kata Tito,  Selasa (12/3/2019).

Dijelaskan,  nantinya surat suara yang rusak tersebut akan diserahkan ke KPU Pusat untuk ditindaklanjuti.

"Nanti kita serahkan kepada KPU Pusat apakah kemudian bisa dipakai atau akan diganti dengan yang baru. Itu kewenangan mereka," ucapnya. 

Dikatakan, jumlah tersebut dimungkinkan masih akan bertambah karena proses pelipatan dan penyortiran masih berlangsung.

“Kemungkinan surat suara yang rusak masih bartambah karena pelipatan masih berlangsung untuk surat suara DPD RI dan Capres-cawapres,” tandasnya.

Dihari ke-10 proses pelipatan surat suara yang dilakukan di Balai Diklat Provinsi Papua dan melibatkan sekitar 300 orang relawan ini, masih berputar dengan surat suara DPR RI, yang nantinya sesuai rencana akan berlangsung selama 14 hari sejak 2 Maret awal pelaksanaan dan terakhir adalah pelipatan surat suara Pemilu Presiden. 

(Ed)


Rabu, 13 Maret 2019 07:47


TAGS:




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

+