Kunjungan Wapres ke Bali, Pengamanan Ditingkatkan

Kamis, 14 Maret 2019 | 12:58 WITA

Kunjungan Wapres ke Bali, Pengamanan Ditingkatkan

Kasdam IX/Udayana BrigjenTNI Kasuri memimpin apel gelar pasukan pengamanan VVIP di Lapangan Lagoon, Nusa Dua

MCWNews.com - NUSA DUA | Kasdam IX/Udayana BrigjenTNI Kasuri memimpin apel gelar pasukan pengamanan VVIP di Lapangan Lagoon, Nusa Dua dalam rangka kunjungan Wakil Presiden Republik Indonesia, Dr. H. Muhammad Jusuf Kalla pada acara pembukaan Understanding Public Sector And Administration Reform for National Development, Rabu (13/3/2019).

Pada apel gelar pasukan tersebut, Kasdam IX/Udayana membacakan amanat Pangdam IX/Udayana yang pada intinya menyampaikan, Provinsi Bali selain sebagai destinasi wisata manca negara juga sering dijadikan tempat pertemuan baik yang berskala Nasional maupun Internasional, namun dalam tugas – tugas pengamanan kita tidak boleh lengah ataupun mengganggap tugas pengamanan ini sebagai rutinitas, akan tetapi kita yang bertugas untuk mengamankan VVIP harus menjadikan tugas ini sebagai prioritas dan merupakan hal baru sehingga tugas pengamanan VVIP dapat berjalan dengan lancar dan aman.

Apel Gelar pasukan ini bertujuan untuk mengecek sejauh mana tingkat kesiapan pasukan baik secara perorangan maupun kesatuan, sesuai dengan prosedur tetap pengamanan VVIP, sehingga didalam pelaksanaannya tidak terjadi tumpang tindih ataupun kesalahan prosedur. Selain itu apel gelar pasukan ini hendaknya dijadikan sebagai sarana koordinasi antar unsur pengamanan yang ada dilapangan sehingga tidak terjadi kesalahan sekecil apapun dalam pelaksanaannya dan bila terjadi kendala dilapangan akan segera dapat diatasi.

Pangdam juga  menekankan agar segenap unsur pengamanan  memahami dan menguasai prosedur tetap pengamanan VVIP sesuai tugas dan tanggung jawab masing-masing. Pegang teguh  disiplin dengan memahami rantai komando yang efektif dan efisien agar tugas pengamanan dapat terlaksana dengan baik. Cegah terjadinya kelengahan dengan cara meningkatkan kepekaan terhadap segala kemungkinan yang dapat dimanfaatkan oleh pihak lain.

Lebih jauh Pangdam menjelaskan bahwa jangan sekali kali ragu dalam bertindak serta tingkatkan koordinasi secara optimal dengan seluruh unsur terkait dalam tugas pengamanan ini. Cermati dan ikuti perkembangan situasi secara terus menerus dan dilaporkan degan segera jika terjadi kejanggalan dalam bertugas dilapangan. Ini dilakukan agar pelaksaanan pengamanan berjalan sesuai dengan yang kita harapkan, demikian tegas Pangdam dalam amanat yang dibacakan Kasdam.

Apel kesiapan pengamanan ini diikuti oleh ribuan personel yang tergabung dalam Satgas Pam VVIP baik dari TNI AD, AL dan AU serta Kepolisian bertindak selaku Komandan Apel Danyonif Raider 900/SBW, sedangkan para pejabat yang hadir  antara lain Danrem 163/WSA, Asintel, Asops Kasdam IX/Udayana, Danlanal Denpasar, Danlanud Ngurah Rai, Danpomdam IX/Udayana Kapaldam, Kaops Polda Bali, Dirlantas Polda Bali, dan Dirbimas Polda Bali dan perwakilan Perwira dari Paspampres. (*)


Kamis, 14 Maret 2019 12:58


TAGS:




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

+