Pemerintah Serahkan Ganti Rugi Tanah Marga Anny

Jumat, 15 Maret 2019 | 14:02 WITA

Pemerintah Serahkan Ganti Rugi Tanah Marga Anny

MCWNews.com - TEMINABUAN | Pemerintah Kabupaten Sorong Selatan ditahun 2019 ini kembali menyerahkan ganti rugi atas tanah pembangunan kantor bupati dan kantor DPRD Kabupaten Sorong Selatan sebesar Rp 5 Miliar bagi Marga Anny Distrik Teminabuan Kabupaten Sorong Selatan Provinsi Papua Barat.

Hadir dalam acara ini Wakil Bupati Sorong Selatan Drs Martinus Salamuk, Kapolres Sorong Selatan AKBP Hans Rahmatulah Irawan,SIK,,Ketua Pengadilan Negeri  Sorong  Masduki,SH,Perwakilan Danramil Teminabuan Sertu Rusdiyanto,Asisten 3 Setda Sorong Selatan Aris,SKM,M Kes,Sataf Ahli Bidang Otonomi Daerah Drs.Aleksander Homer,Kepala Kesbang Pol Sorsel Edit Dony Tamaela,SP,Kasat Intel Polres Sorsel Ipda.Tadjudin Masmor.Turut hadir pula sejumlah perwakilan marga Anny yang didampingi oleh kuasa hukum Dinalara D.Butar Butar,SH.   

Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli,SE dalam arahannya  mengatakan  kegiatan ini dalam rangka melaksanakan putusan pengadilan Negeri  Nomor   28 tahun 2011 tentang pembayaran ganti rugi atas tanah pembangunan kantor bupati dan kantor DPRD Kabupaten Sorong Selatan yang dibangun pada tahun 2006 diatas Tanah ulayat Marga Anny.

Dikatakanya pembayaran ganti rugi kepada Marga Anny ini berjumlah 50 Milyar dan sampai saat ini telah dibayar sebanyak 3 tahap yaitu dan saat ini sudah dibayar sampai dengan saat ini sebesar Rp 21 Miliar dan sisanya adalah sebanyak 29 Miliar.

Dijelaskan juga bahwa pihaknya telah bersepakat dengan marga Anny dihadapan Pengadilan Negeri Sorong untuk membayar ganti rugi ini setiap tahunnya sebanyak Rp 5 Miliar. Dan jika APBD Sorong Selatan meningkat dapat dibayar lebih dari itu ataupun dapat langsung melunasinya.

Bupati menyampaikan terimah kasih kepada Marga Anny yang telah menyerahkan Tanah untuk dijadikan perkantoran pemerintahan Kabupaten Sorong Selatan dan kantor DPRD Sorong Selatan sehingga Kota  Teminabuan menjadi Indah dan tertata dengan baik serta berkembang maju pesat.

Sementara itu Ketua Pengadilan Negeri  Sorong  Masduki,SH mengatakan Majelis Hakim dalam mempertimbangkan suatu putusan tentunya telah melihat dari berbagai aspek diantaranya untuk kepentingan bersama dan telah mempertimbangkan masyarakat hukum adat yang mana negara mengakui eksistensi hak ulayat masyarakat hukum adat  sehingga jika dapat membuktikan haknya tentunya pengadilan akan mengkabulkan permohonan ini  seperti yang dialami oleh Marga Anny.

Terlebih masyarakat Adat Marga Anny  dalam kesaksianya pada beberapa persidangan menyampaikan bahwa masyarakat hukum adat  marga Anny  telah sepenuhnya  menerima keutuhan NKRI  dan meminta keadilan atas permasalahan yang dialaminya dan hal inilah  yang diberikan Negara kepada Marga Anny sekalipun marga Anny bersengketa dengan Pemerintah Daerah.

Demikian juga disampaikan Kapolres Sorong Selatan AKBP Hans Rahmatulah Irawan,SIK, dalam sambutanya mengatakan pada intinya pertemuan pada saat ini ber tujuan dan niat yang baik  yaitu untuk membangun kabupaten Sorong Selatan yang lebih baik lagi kedapan.

Kapolres meminta kepada marga Anny agar apa  yang diperoleh dan disepakati saat itu semoga dapat dipergunakan dengan baik  dan bermanfaat bagi marga Anny untuk kesejahteraan marga Anny saat ini dan masa yang akan datang.

Dalam penyerahan uang ganti rugi ini Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli,SE menyerahkan uang cash secara simbolis berjumlah 100 Juta kepada Perwakilan Marga Anny yang dituangkan dalam berita acara yang ditanda tangani oleh Oktovianus Anny,Otto Anny,Obeth Anny dan Daniel Anny. (timmcwnews)


Jumat, 15 Maret 2019 14:02


TAGS:




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

+