SKK Migas Resmikan Lampu Jalan Tenaga Surya Di Sorsel dan Tambrauw

Jumat, 15 Maret 2019 | 22:54 WITA

SKK Migas Resmikan Lampu Jalan Tenaga Surya Di Sorsel dan Tambrauw

MCWNews.com - TEMINABUAN | Deputi pengendalian pengadaan pada satuan kerja khusus pelaksana kegiatan usaha hulu minyak dan gas bumi (SKK Migas) Kementerian ESDM Ir. Tunggal, MSc mewakili Kementerian ESDM meresmikan pembangunan penerangan Jalan Umum Tenaga Surya ( PJU-TS) di Kabupaten Sorong Selatan Dan Kabupaten Tambrauw. Acara Peresmian digelar Aula GKI Marthen Luther Teminabuan Sorong Selatan,Jumat (15/03/2019) pagi tadi.

Acara peresmian ini ditandai dengan penyerahan cendera mata miniatur Lampu Jalan Tenaga Surya yang diserahkan oleh deputi pengendalian pengadaan pada satuan kerja khusus pelaksana kegiatan usaha hulu minyak dan gas bumi (SKK Migas) Kementerian ESDM Ir. Tunggal, MSc Kepada Bupati Sorong Selatan dan Kepada Perwakilan Pemerintah Kabupaten Tambrauw.

Hadir dalam acara ini Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli, SE, Wakil Bupati Sorong Selatan Drs Martinus Salamuk, Wakapolres Sorong Selatan Bidik Rysaladi,SH,Pejabat  pemerintah kabupaten Tambrauw,Perwakilan Dinas Pemerintah Provinsi Papua Barat,Asisten III Setda Kab Sorsel, Sejumlah Pimpinan OPD, sejumlah pejabat dan staff di lingkungan SKK Migas kepala distrik,serta sejumlah kepala kampung di wilayah kabupaten Sorong Selatan. .

Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli, SE dalam sambutanya mengucapkan terimah kasih yang sebesar besarnya kepada kementerian ESDM yang diwakili oleh salah satu Deputi pada SKK Migas  yang mempunyai perhatian yang sangat besar bagi masyarakat Papua secara khusus bagi warga Sorong Selatan dan Tambrauw.

Dihari ini kita dapat menikmati penerangan jalan yang selama ini kita nanti nantikan, yang mana beberapa tahun yang lalu disekeliling kota baik lorong maupun gang, masih sangat gelap sehingga menimbulkan perasaaan takut bagi orang yang hendak melaksanakan aktifitas dimalam hari, namun saat ini  semua lorong dan gang maupun jalan raya sudah terdapat lampu jalan sehingga siapapun dapat melaksanakan aktifitas keluarga dimalam hari tanpa kendala yang berarti.

Untuk itu selaku pemerintah bupati Samsudin Anggiluli menyampaikan terimah kasih yang besar kepada kementerian ESDM melalui SKK Migas yang telah memprogramkan penerangan jalan ini dengan memasang ratusan lampu jalan di 100 Titik didalam kota Teminabuan.pada tahun 2018 yang lalu.  

Bupati berharap program ini dapat dilanjutkan pada tahun 2019 mendatang demi kesejahteraan dan ketentraman  warga masyarakat Sorong Selatan.

Sementara itu deputi pengendalian pengadaan pada satuan kerja khusus pelaksana kegiatan usaha hulu minyak dan gas bumi (SKK Migas) Kementerian ESDM Ir. Tunggal, MSc dalam sambutanya mengatakan bahwa APBN yang dikelola pihaknya telah memprogramkan kegiatan yang memberikan dampak baik dan manfaat bagi masyarakat secara langsung salah satunya adalah pembangunan penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS).

“Tenaga surya sengaja dipilih untuk kabupaten Sorong Selatan dan Tambrauw untuk mengatasi masalah penerangan bagi wilayah wilayah yang belum terjangkau PLN. sehingga tidak perlu waktu lama menunggu sampai PLN masuk di wilayah tertentu Namun SKK migas sangat proaktif untuk membangun daerah dengan memanfaatkan karunia Tuhan dalam bentuk sinar matahari ini agar dapat dikelolah dan dimanfaatkan,” jelasnya

Listrik tenaga surya ini juga dapat digunakan dimana mana termasuk dapat dipasangkan dikampung kampung yang terpencil sekalipun. Pembangunan PJU – TS ini dianggarkan pada Tahun 2018 lalu dengan jumlah PJU –TS sebanyak 100 unit yang telah dipasang di kabupaten Sorong Selatan.dan 100 unit untuk kabupaten Tambrauw.Ditahun 2018 lalu juga  pihaknya ini telah menyiapkan dan memasang PJU –TS sebanyak 21 Ribu unit yang tersebar di seluruh tanah air,” jelasnya.   

Sebelumnya Rombongan Deputi  Pengendalian Pengadaan pada satuan kerja khusus pelaksana kegiatan usaha hulu minyak dan gas bumi (SKK Migas) Kementerian ESDM  ir. Tunggal, MSc bersama rombongan di sambut hangat warga Sorong Selatan dengan tarian kontemporer dan pengalungan noken serta penyematan topi adat suku Tehit. (*)


Jumat, 15 Maret 2019 22:54


TAGS:




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

+