Kisah Operasi Teritorial TNI 2019 Di Bumi Kasuari

Senin, 15 April 2019 | 16:55 WITA

Kisah Operasi Teritorial TNI 2019 Di Bumi Kasuari

Prajurit TNI saat menyusuri sungai dengan perahu milik masyarakat

MCWNews.com - TEMINABUAN | Operasi Teritorial TNI tahun 2019 berupa pembangunan perumahan layak huni dan gedung Gereja di Distrik Kokoda dan Kokoda Utara yang digalakan oleh  Kodam XVIII Kasuari yang dikerjakan secara langsung oleh Kodim 1802 Sorong telah berlangsung sukses dan lancar.

Dibalik itu semua tentunya menyisakan sejumlah kenangan yang pastinya akan selalu dikenang oleh anggota TNI yang bertugas di wilayah tersebut.

Aktifitas menyusuri Sungai Kenaburi menuju kampung Uka tentunya merupakan aktifitas rutin selama bertugas membangun rumah layak huni maupun membangun Gedung Gereja Maranatha Udagaga bagi Prajurit TNI.   

Komandan Komando Distrik Militer 1802 Sorong (Dandim) 1802 Sorong Letkol Infantri Andar Dodianto Panggabean selaku pelaksana Operasi Teritorial mengisahkan hal yang berkesan adalah ketika harus menghadapi kondisi pasang surut sungai di Kokoda Utara adalah menjadi tantangan tersendiri dimana sarana transportasi satu satunya adalah hanya melalui sungai, dan ketika sungai ini surut.

"Kami  harus tetap berupaya untuk tetap membawa material pembangunan rumah dan gereja ke wilayah UKA sekalipun harus  mendorong perahu dan berjalan kaki menuju lokasi pembangunan, Ini merupakan tantangan terberat kami dan inilah keiklasan dan kebanggaan kami bagi masyarakat Distrik Kokoda maupun Kokoda Utara,” kata Andar.

Operasi Teritorial (Opster) TNI tahun 2019 ini dilaksanakan di 2 Distrik yaitu di distrik Kokoda dan kokoda utara  dalam 2 bentuk diantaranya  kegiatan dalam bentuk fisik dan nonfisik.

Andar menjelaskan, kegiatan fisik telah dibangun 35 unit rumah layak huni dan telah selesai 100 persen yang dikerjakan dalam 2 tahap, Untuk Opster tahun  2019 Pembangunan tersebar di seluruh distrik Kokoda yaitu di kampung Tarof, kampung Siwatori, kampung Persiapan dan kampung Nebes serta di wilayah Kampung UKA distrik Kokoda Utara dan pembangunan gedung Gereja Maranatha Udagaga Distrik Kokoda Utara.

Selain itu sejumlah kegiatan sosial juga telah dilaksanakan diantaranya kegiatan penyuluhan, Pengobatan Massal, Penyuluhan Keterampilan, Pemutaran Film Wawasan Kebangsaan untuk meningkatkan wawasan kebangsaan bagi pemuda pemudi di wilayah Kokoda, pihaknya juga melakukan bimbingan atau pun pengasuhan bagi pemuda pemudi Kokoda yang hendak menjadi anggota TNI, beberapa diantaranya telah mengikuti seleksi pusat dan semoga mereka lulus dalam seleksi ini dan juga telah dipersiapkan seleksi seleksi selanjutnya bagi calon Bintara maupun Tamtama.

“Kami juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Provinsi Papua Barat maupun pemerintah Kabupaten Sorong Selatan  yang telah mensuport kami untuk melaksanakan kegiatan Opster TNI di wilayah kabupaten Sorong Selatan sehingga semuanya dapat berjalan dengan baik dan lancar,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat distrik Kokoda dan Kokoda Utara yang telah bersama sama bekerja bergotong royong menyelesaikan pekerjaan ini. Ditambahkanya bahwa  ini merupakan perwujudan kemanunggalan antara TNI dan Rakyat  bersatu padu bekerja sama sehingga apapun tentunya dapat  diselesaikan demi kemajuan bangsa.

Sementara itu, Hengki Takoye tokoh pemuda di kampung Udagaga mengatakan dengan kehadiran TNI di wilayah UKA di akuinya bahwa telah memberikan dampak baik kepada warga UKA,pasalnya  kampung UKA telah banyak berubah, dahulu hampir sebagian rumah dikampung ini masih beratap daun dan sekarang sudah tidak ada lagi dan kami telah memiliki rumah yang layak. "Kami berharap agar program TNI ini dapat dilanjutkan di wilayah ini," pintanya

Demikian juga disampaikan oleh  salah seorang ibu Jamaah Atune di kampung Siwatori Distrik Kokoda menyampaikan terimah kasihnya kepada TNI yang telah membangun rumah layak huni bagi keluarganya. "Kami sangat senang dengan bantuan ini,” jelasnya singkat. (Adv)


Senin, 15 April 2019 16:55


TAGS:




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

+