Tim Layar Wira Jala Yudha Lakukan Kunjungan Ke Kodam Udayana

Kamis, 25 April 2019 | 19:09 WITA

Tim Layar Wira Jala Yudha Lakukan Kunjungan Ke Kodam Udayana

MCWNews.com - DENPASAR | Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Kasuri menerima audiensi Satgas Latihan Praktek (Lattek) Layar Gabungan Siswa Kodiklatal "Wira Jala Yudha IX/2019" yang dipimpin oleh Direktur Latihan (Dirlat) Kolonel Laut (T) Rudi Hermawan didampingi Komandan Satgas Letkol Laut (P) Agung Saptoadi, S.T., M.Tr (Han), di Ruang Stana Yudha, Makodam IX/Udayana, Denpasar, Kamis (25/4/2019).


Pimpinan rombongan audiensi yang didampingi juga oleh 4 orang staf pendamping dan 11 orang perwakilan siswa tersebut dalam rangka silaturahmi terkait saat ini timnya sedang melaksanakan latihan pelayaran yang melintasi wilayah perairan laut teritorial Kodam IX/Udayana.


Selaku pimpinan rombongan, Dirlat menyampaikan ucapan terimakasih atas penyambutan yang diberikan oleh Kasdam IX/Udayana beserta Staf yang telah meluangkan waktu untuk menerima kehadiran rombongan Satgas Lattek Layar Wira Jala Yudha IX/2019.


"Disamping untuk bersilaturahmi, kegiatan ini juga merupakan program pendidikan untuk mengaplikasikan semua pengetahuan tentang kepangkatan di Matra Angkatan Laut, khususnya bagian KRI kepada para siswa perwira, bintara dan tamtama yang selama ini telah dididik di Komando Pendidikan dan Pengembangan Kodiklatal TNI AL," ungkap Dirlat.


Lebih lanjut disampaikan, bahwa pelaksanaan Lattek Layar yang dimulai pada tanggal 23 April hingga 29 April 2019 ini diikuti oleh 1.296 siswa Dikmapa, Dikmaba dan Dikmata, dengan Route perjalanan laut Surabaya - Banongan - Benoa - Surabaya.


Pada acara tersebut, Kasdam IX/Udayana juga mengucapkan selamat datang dan terimakasih kepada Satgas Lattek Layar Wira Jala Yudha IX/2019 yang sudah hadir untuk bersilaturahmi di Kodam IX/Udayana, sekaligus memperkenalkan Perwira Staf yang mendampinginya, diantaranya Asintel Kasdam IX/Udayana, Aster Kasdam IX/Udayana, LO AL Kodam IX/Udayana, Kapendam IX/Udayana dan Waasops Kasdam IX/Udayana.


Selanjutnya Kasdam menjelaskan secara singkat tentang tugas pokok Kodam IX/Udayana selaku Komando kewilayahan yang membawahi tiga provinsi yaitu Provinsi NTT, NTB dan Bali. Ketiga provinsi tersebut memiliki karakteristik budaya dan adat istiadat  yang berbeda, seperti Provinsi NTT yang masyarakatnya mayoritas beragama Kristen, NTB mayoritas beragama Islam, sedangkan Bali mayoritas beragama Hindu.


Dengan adanya keanekaragaman budaya dan adat istiadat yang berbeda maka wilayah Kodam IX/Udayana dapat dikatakan sebagai miniaturnya Indonesia. Disamping itu Kodam IX/Udayana wilayah daratnya berbatasan langsung dengan Republik Demokratik Timor Leste (RDTL) dan memiliki empat pulau terluar antara lain Pulau Batek, Pulau Mengudu, Pulau Dana, Pulau Sabu Raijua dan Pulau Ndana Rote. Demikian juga dengan wilayah Bali dan Nusa Tenggara saat ini telah menjadi salah satu tujuan wisata utama di tanah air, baik wisatawan manca negara maupun wisatawan domestik.

 

"Dengan kondisi geografis tersebut, maka jelas memerlukan perhatian dan pengamanan secara terencana dan efektif. Karena itulah stabilitas dan keamanan wilayah Bali dan Nusa Tenggara sangat penting untuk dijaga, bahkan wilayah Bali telah menjadi barometer untuk menilai stabilitas dan keamanan di Indonesia," demikian tegas Kasdam.


Acara yang berlangsung penuh keakraban, aman dan lancar tersebut diakhiri dengan penyerahan cinderamata dan foto bersama. (Adv)


Kamis, 25 April 2019 19:09


TAGS:




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

+