1.010 Perwira Transportasi Laut Kementerian Perhubungan Dilantik

Selasa, 30 April 2019 | 15:32 WITA

1.010 Perwira Transportasi Laut Kementerian Perhubungan Dilantik

MCWNews.com - MAKASSAR | Salah satu program Nawacita Pemerintah Republik Indonesia adalah mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia dan salah satu pilar utamanya adalah membangun kekuatan maritim yang didukung oleh peningkatan keselamatan pelayaran dan keamanan maritim. Oleh karenanya, sumber daya manusia merupakan modal dasar yang tak tergantikan dalam mewujudkan keselamatan di bidang maritim.

Sejalan dengan hal tersebut, Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar dan Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Barombong mengadakan Upacara Pelantikan Perwira Transpotasi Laut di Lapangan Karebosi, Makassar pada Selasa (30/4). 1.010 Perwira Transportasi Laut yang dilantik tersebut, sebanyak 236 lulusan berasal dari PIP Makassar dan 774 lulusan berasal dari BP2IP Barombong dengan mengusung tema: “Peningkatan Sumber Daya Manusa Transportasi Laut Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0.”

Mewakil Menteri Perhubungan Ir. Budi Karya Sumadi, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan Ir. Umiyatun Hayati Triastuti, M.Sc. bertindak sebagai inspektur upacara dan melantik Perwira Transportasi Laut lulusan Program Diploma IV Pelayaran, Program Diklat Pelaut tingkat IV Pembentukan, serta Program Diklat Pelaut tingkat V, IV, III dan II Peningkatan.

Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala BPSDM Perhubungan, Menteri Perhubungan mengingatkan bahwa saat ini dunia telah memasuki era revolusi industri 4.0 yang secara fundamental akan merubah kehidupan dan pekerjaan.

“Ini merupakan tantangan sekaligus peluang bagi kita terutama bagi pelaut yang merupakan tenaga ahli yang diakui di seluruh dunia. Hanya satu cara untuk menjawab tantangan tersebut yaitu berubah dan selalu belajar dan belajar, sehingga kita mampu bersaing dengan pelaut mancanegara.” ujarnya.

Menteri Pehubungan juga berharap kiranya para Perwira Transportasi Laut mampu menunjukkan jati dirinya sebagai perwira pelayaran niaga yang kompeten, professional dan dapat menjunjung tinggi harkat dan martabat nusa dan bangsa Indonesia.

Dalam kesempatan ini pula, Kepala BPSDM Perhubungan juga berkesempatan membuka Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) yang diikuti oleh 1.000 peserta yang merupakan gabungan dari PIP Makassar, BP2IP Barombong dan Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) Makassar dengan jenis diklat yang diikuti peserta adalah Basic Safety Training (BST), Advance Fire Fighting (AFF), Security Awareness Training (SAT), Crowd and Crisis Management Training (CCM), Sheet Metal Repair, dan Aircraft Painting.

Diklat Pemberdayaan Masyarakat merupakan program pendidikan dan pelatihan gratis bagi masyarakat kurang mampu pada usia produktif, sesuai dengan Instruksi Presiden No. 9 Tahun 2015 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan dalam rangka peningkatan kualitas dan daya saing sumber daya manusia.

“Le’ba kusoronna biseangku, kucampa’na sombalakku, tamassaile punna teai labuang.” (Bila perahu telah kudorong, layar telah terkembang, takkan ku berpaling kalau bukan labuhan yang kutuju). (adv)


Selasa, 30 April 2019 15:32


TAGS:




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

+