Masyarakat Teminabuan Minta KPUD Lakukan Pemungutan Suara Ulang

Minggu, 05 Mei 2019 | 11:57 WITA

Masyarakat Teminabuan Minta KPUD Lakukan Pemungutan Suara Ulang

MCWNews.com - TEMINABUAN | Ratusan masyarakat distrik Teminabuan mendatangi kantor komisi pemilihan umum (KPUD) untuk meminta kepada KPUD dan Bawaslu sorong selatan segera melakukan perhitungan ulang khususnya di daerah pemilihan (Dapil) satu distrik teminabuan karena terdapat keganjalan di lapangan.

Agustinus Samunya selaku korlap saat ditemui awak media, Jumat (3/5/2019) mengatakan masyarakat distrik Teminabuan merasa tidak puas atas hak pilihnya di beberapa TPS yang menurutnya ada kejanggalan.

"Kami disini untuk meminta kepada pihak penyelengara pemilu dalam hal ini KPUD dan Bawaslu agar menjalankan tugasnya sesuai dengan mekanisme serta peraturan yang berlaku agar pemilu berjalan aman, damai dan tertib sesuai harapan kami masyarakat," kata Agustinus.

Kemudian aksi dilanjutkan dengan pembacaan tuntutan yang dibacakan oleh Sakarias Kambu dari koalisi partai politik peduli demokrasi.

Berikut empat tuntutan yang disampaikan :

1. Kami koalisi partai politik peduli demokrasi meminta kepada KPUD sorong selatan untuk melakukan perhitungan ulang surat suara seluruh TPS di dapil satu distrik teminabuan.

2. Kami koalisi partai politik peduli demokrasi meminta kepada KPUD provinsi papua barat untuk melakukan supervisi dalam rangka perhitungan ulang surat suara serta melakukan pleno perolehan suara tingkat KPUD kabupaten Sorong Selatan.

3. Kami koalisi partai politik peduli demokrasi meminta kepada KPU kabupaten sorong selatan untuk mendiskualivikasikan partai politik yang sengaja melakukan pelanggaran hukum di TPS satu, dua dan empat di kampung keyen dan segera di proses sesuai dengan hukum yang berlaku.

4. Koalisi partai politik peduli demokrasi meminta agar ada penundaan pleno tingkat KPUD sorong selatan sambil menunggu kehadiran KPUD propinsi papua barat.

Berkas tuntutan itu lalu diserahkan kepada anggota KPUD sorong selatan divisi hukum Nahum Krimadi,S.Si.

Pada kesempatan itu juga Nahum Krimadi menyikapi pernyataan sikap dari koalisi partai politik.

 "Aspirasi ini saya pegang sebagai bukti untuk ditindaklanjuti dalam pleno untuk mengambil langkah langkah selanjutnya," kata Nahum.

Sebagai koordinator distrik teminabuan Nahum menegaskan dirinya siap melakukan perhitungan ulang di TPS satu, dua dan empat yang berada di kampung Keyen.

Kapolres Sorong Selatan AKBP Hans Rachmattloh menurunkan porsonilnya guna mengamankan jalannya demo damai yang dilakukan oleh kualisi partai politik peduli demokrasi Kapolres berharap semua persoalan segera diselesaikan secara damai karena masyarakat tentu membutukan pelayanan yang baik dari pihak penyelengara pemilu KPUD dan Bawaslu Sorong Selatan.

Sementara pada kesempatan yang sama kepala distrik Teminabuan Frans s Thesya, menghimbau agar warga masyarakat jangan terprovokasi dengan isu atau hoax yang mengatakan bahwa kepala distrik dan PPD bekerja sama Kepala distrik dengan tegas meminta kepada KPUD dan Bawaslu segera mengambil langkah tegas untuk mengatasi masalah yang sedang dihadapi oleh masyarakat Teminabuan.

(Charles)


Minggu, 05 Mei 2019 11:57


TAGS:




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

+