BPJS Ketenagakerjaan Berikan Santunan Sebesar Rp 754 Juta

Rabu, 15 Mei 2019 | 20:16 WITA

BPJS Ketenagakerjaan Berikan Santunan Sebesar Rp 754 Juta

MCWNews.com - RANTEPAO | Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Toraja Utara di bawah koordinasi cabang Palopo menyerahkan santunan manfaat program jaminan sosial ketenagakerjaan sebesar Rp 754.991.116,- kepada ahli waris dari David Rante Dalipang Kepala Unit Bank Rakyat Indonesia cabang Rantelemo yang merupakan peserta BPJS Ketenagakerjaan yang meninggal karena kecelakaan kerja, Rabu (15/05/2019)

Penyerahan dilakukan di Luta hotel dan Resort. Santunan secara simbolis diterima oleh Rapita Sirande yang merupakan istri almarhum.

Dalam penyerahan santunan tersebut dihadiri oleh Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan dan Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sulawesi Maluku, Toto Suharto dan Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Palopo, Hendrayanto.

Santunan yang diserahkan terdiri dari santunan kematian Akibat Kecelakaan Kerja sebesar Rp 613.883.856,- Beasiswa pendidikan sebesar Rp 12.000.000,- Santunan berkala sebesar Rp 4.800.000,- Biaya pemakaman Rp 3.000.000,- Jaminan Hari Tua Sebesar Rp 120.516.300 dan Jaminan Pensiun sebesar Rp 1.181.920,- dimana untuk jaminan pensiun akan kembali diterima setiap bulannya oleh ahli waris sebesar Rp 590.960.,-.

Bupati Kalatiku Paembonan mengatakan terima kasih BPJS Ketenagakerjaan telah menyerahkan santunan kepada masyarakat yang merupakan peserta BPJS Ketenagakerjaan. Pemerintah Kabupaten Toraja Utara telah mendaftarkan seluruh pegawai honorer dan seluruh aparat lembang sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan sejak 2017 sehingga seluruh aparat dapat melayani masyarakat dengan tenang karena telah terlindungi oleh program jaminan sosial ketenagakerjaan.

"Tahun ini kami akan mendaftarkan secara bertahap seluruh pekerja lintas agama yang ada di Kabupaten Toraja Utara sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, karena kami ingin seluruh masyarakat  terlindungi dan apabila nanti masyarakat kami terjadi resiko kecelakaan kerja dan resiko kematian maka masyarakat kami terbantu karena telah terlindungi oleh jaminan sosial ketenagakerjaan.

"Saya minta seluruh perusahaan yang ada di Toraja Utara untuk mendaftarkan seluruh pekerjanya dalam program BPJS Ketenagakerjaan," ungkap Kalatiku.

Pada kesempatan yang sama, Toto Suharto menyampaikan ucapan terima kasih kepada bupati Toraja Utara yang telah hadir dan menyaksikan penyerahan santunan secara simbolis kepada ahli waris almarhum yang merupakan masyarakat Toraja Utara.

"Semoga santunan yang diterima oleh istri almarhun dapat meringankan beban hidup bersama anak-anaknya. Kami BPJS Ketenagakerjaan turut berduka cita atas meninggalnya David Rante Dalipang akibat kecelakaan lalu libtas saat pulang dari tempat kerja dimalam pergantian tahun kemarin. Sebagaimana kita ketahui bahwa resiko kerja bisa terjadi dimana saja dan kapan saja oleh karena itu perlunya perlindungan terhadap resiko," kata Toto.
 
BPJS Ketenagakerjaan memberikan apresiasi kepada bapak Bupati Toraja Utara karena sangat mendukung program BPJS Ketengakerjaan di wilayahnya.

Manfaat yang diterima oleh ahli waris merupakan manfaat dari program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) BPJS Ketenagakerjaan yang melindungi pekerja dari resiko kecelakaan mulai dari berangkat dari rumah sampai ketempat kerja dan kembali lagi kerumah melalui jalan yang biasa dilalui oleh pekerja.

Selain jumlah santunan maanfaat JKK BPJS Ketenagakerjaan yaitu menanggung seluruh biaya yang timbul akibat kecelakaan kerja yang  dialami oleh pekerja.
(Saldi)


Rabu, 15 Mei 2019 20:16


TAGS:




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

+