Mengenal Lebih Dekat Institut Agama Hindu Tampung Penyang Palangkaraya

Rabu, 22 Mei 2019 | 13:38 WITA

Mengenal Lebih Dekat Institut Agama Hindu Tampung Penyang Palangkaraya

Rektor IAHN TP Palangka Raya Prof. Drs. I Ketut Subagiasta, M.Si.,D.Phil

MCWNews.com - PALANGKARAYA | Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang adalah sebuah lembaga pendidikan tinggi agama Hindu dan Kaharingan di Kota Palangka Raya, provinsi Kalimantan Tengah. Dibawah naungan kementerian agama kampus ini mengalami beberapa kali transformasi.

IAHN TP Palangka Raya tidak dapat dipisahkan dari keberadaan Sekolah Pendidikan Guru Agama Hindu (PGAH) Kaharingan Parentas yang telah ada sejak tahun 1983 di Pimpin Bapak Drs. Walter S. Penyang dibawah Naungan Yayasan Dwi Jendra Cabang Palangka Raya.

Sejalan dengan perkembangan Pendidikan Guru Agama Hindu (PGAH) Kaharingan Parentas tersebut, maka untuk mengatasi kekosongan guru Agama hindu Kaharingan pada tingkat Sekolah Lanjutan Pertama (SLTP) dan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) dan tingkat jenjang Diploma II (D.II), Diploma III (D.III) dan Sarjana (S.1).

Maka sejak tanggal 6 September 1986 keluarlah SK Yayasan Dwi Jendra Cabang Palangka Raya Nomor : 02/YDC/PR/IX/1986 tentang pendirian Sekolah Tinggi Agama Hindu Kaharingan Tampung Penyang Palangka Raya serta ijin Operasional berdasarkan Surat Dirjen Bimas Hindu dan Budha No: II/PP.009/1189/1987 tanggal 4 Nopember 1987 dan STAHK Tampung Penyang dengan status terdaftar pada Dirjen Bimas Hindu Depertemen Agama Republik Indonesia selanjutnya pada Tahun 1992 terjadilah pergantian pimpinan STAHK Tampung Penyang yang dilanjutkan oleh Ketua STAHK Tampung Penyang Palangka Raya Drs. Rangkap I Nau.

Karena prospek pengembangan STAH Kaharingan Tampung Penyang Palangka Raya untuk masa yang akan datang, maka segala upaya dan perjuangan serta terobosan dilakukan untuk meningkatkan status dari Perguruan Tinggi Swasta menjadi Perguruan Tinggi Negeri. Maka keluarlah Keputusan Presiden RI Nomor 27 Tahun 2001 tanggal 21 Pebruari tentang Pendirian Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya.


Seiring berjalannya waktu, Dibawah kepemimpinan Prof. Drs. I Ketut Subagiasta, M.Si.,D.Phil, Sejak tahun 2014 mulai dilakukan rencana pengembangan STAHN-TP Palangka Raya, bahwa dalam rangka memperluas rumpun Ilmu Agama Hindu dan memenuhi tuntutan  perkembangan masyarakat, presiden menetapkan Peraturan Presiden tentang Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang (IAHN TP) yaitu tertuang pada Perpres No 31 Tahun 2018.

Rektor IAHN TP Palangka Raya Prof. Drs. I Ketut Subagiasta, M.Si.,D.Phil mengatakan kini IAHN TP menjadi sebuah lembaga pendidikan agama Hindu terdepan di Kalimantan, setiap tahunnya ratusan mahasiswa dari berbagai daerah di pulau Kalimantan datang dan belajar di IAHN TP Palangka Raya.

"Dikampus IAHN TP Plangka Raya ada 3 Fakultas sarjana (S1) yaitu Fakultas Dharma Acarya (FDA), Falkultas Dharma Sastra (FDS) Fakultas Dharma Duta dan Brahma Widya (FDD&BW) Dan Ada satu program  Pascasarjana," kata Prof. Ketut Subagiasta, saat ditemui di kampus IAHN Palangka Raya, Rabu (22/05/2019).

Pria kelahiran Tabanan yang telah mengabdi sejak 2010 ini, mengungkapkan kampus pendidikan IAHN TP diharapkan mampu turut memberikan kontribusi kepada bangsa dan negara melalui pendidikan tinggi.

"Kami berharap kehadiran IAHN TP ini memberikan kontribusi kepada daerah dalam mencerdaskan kehidupan masyarakat, serta menjadi lembaga pendidikan yang selalu menjaga toleransi antar umat beragama," pungkasnya. (timmcwnews)


Rabu, 22 Mei 2019 13:38


TAGS:




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

+