Libur Lebaran BPJS Kesehatan Tetap Melayani JKN KIS

Senin, 27 Mei 2019 | 16:49 WITA

Libur Lebaran BPJS Kesehatan Tetap Melayani  JKN KIS

MCWNews.com - MAKALE | Menjelang masa libur Lebaran 2019 BPJS Kesehatan berkomitmen tetap memberi pelayanan kesehatan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional dan Kartu Indonesia Sehat (JKN -KIS).

Hal itu diungkapkan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Makale Rudy Widjajadi dalam konfrensi pers bertema Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan Senin (27/5/2019).

"Peserta JKN- KIS yang sedang mudik lalu membutuhkan pelayanan kesehatan diluar kota dapat mengunjungi  Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) walaupun peserta tidak terdaftar dan layanan kesehatan ini dapat diperoleh peserta di FKTP yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan," kata Rudy.

Ia menjelaskan, Untuk daftar FKTP dapat dilihat diaplikasi mudik BPJS kesehatan atau dengan menghubungi BPJS Kesehatan Care Centre 1500 400. Apabila tidak terdapat FKTP yang dapat memberikan pelayanan saat libur lebaran diwilayah tersebut ,atau peserta membutuhkan pelayanan diluar jam buka layanan FKTP peserta dapat dilayani di IGD di Rumah Sakit terdekat untuk mendapatkan pelayanan medis dasar.

"Pelayanan dimulai dari H -7 sampai H+7 Lebaran tepatnya ( 29 Mei -13 Juni) pelayanan kesehatan  tersebut hanya berlaku  bagi peserta JKN-KIS yang status kepesertaannya aktif. Peserta JKN-KIS diharapkan disiplin membayar iuran khususnya peserta yang sedang mudik dan selalu membawa kartu JKN - KIS," imbuhnya.

Rudi menambahkan, Saat ini telah dikembangkan fitur aplikasi saluran informasi dan penanganan pengaduan di rumah sakit untuk pendaftaran bayi baru lahir peserta pekerja bukan penerimah upah dan perhitungan denda layanan sehingga peserta tidak perlu datang ke Kantor BPJS Kesehatan atau dapat menghubungi Care Centre 1500400 yang beroperasi 24 jam termasuk  hari minggu dan libur untuk memperoleh informasi atau menyampaikan pengaduan.

( Saldi)


Senin, 27 Mei 2019 16:49


TAGS:




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

+