Wakil Bupati Sorong Buka Palang Adat Masyarakat Moy

Rabu, 03 Juli 2019 | 13:05 WITA

Wakil Bupati Sorong Buka Palang Adat Masyarakat Moy

Wakil Bupati Sorong Suka Harjono S.Sos, M.Si

MCWNews.com - SORONG | Wakil Bupati Sorong Suka Harjono S.Sos, M.Si, bersama Asisten III Sekda Kabupaten Sorong Klaas Osok,S.Sos.M.Si, membuka palang masyarakat adat Suku Moi, yang memalang Kantor Distrik Salawati. Warga menuntut hak ganti rugi tanaman, yang terkena proyek penggusuran jalan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Selasa (2/7/2019)

Ganti rugi yang sudah dibayarkan dari Pemkab Sorong selama rentang waktu berjalan, sebesar Rp 3.455.064.500. Pembayaran bertahap dua kali. Tahap pertama dibayarkan sebesar Rp 828.000.000, tahap ke dua Rp 258.175.000, sisa pembayarannya yang sebesar Rp 2.368.889.500, yang akan dibayarkan kepada 13 warga masyarakat Kelurahan Katinim, Distrik Salawati.” terang Wabup.

Wabub meminta agar palang kantor Distrik Salawati segera dibuka, karena dapat menghambat aktifitas pelayanan pemerintah kepada masyarakat, dan palang ini akan menciptakan pengangguran bagi pegawai yang bertugas di Distrik Salawati, terkait dengan absen finger print dan masyarakat juga akan susah mendapatkan pelayanan dari pemerintah.

Ditambahkan Wabub, pihaknya akan memperjuangkan hak masyarakat adat Distrik Salawati sesuai dengan aturan dan mekanisme yang berlaku, sesuai kesepakatan antara masyarakat adat dengan Pemkab Sorong, paling lambat satu bulan kedepan.

Akhirnya masyarakat Distrik Salawati menerima saran dari Wabub, langsung membuka palang kantor Distrik, Wabub rela keluarkan uang dari saku pribadinya guna menghargai adat masyarakat setempat.

"Para tokoh adat juga menyampaikan terima kasih, dengan mendukung penuh apa yang disampaikan oleh Wabup, atas dukungan permintahan dan para tua adat atau kepala suku, untuk mempermudah warga masyarakat dalam kepengurusan surat-surat dan E-KTP, “jelasnya 
(charles )


Rabu, 03 Juli 2019 13:05


TAGS:




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

+