Ini Figur Muda Yang Layak Duduk di Kabinet Jokowi

Sabtu, 06 Juli 2019 | 07:58 WITA

Ini Figur Muda Yang Layak Duduk di Kabinet Jokowi

Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies, Dr. Jerry Massie

MCWNews.com - JAKARTA | Sejumlah nama mulai dipersiapkan partai pengusung koalisi agar bisa masuk ke kabinet Jokowi - Maruf. Ada yang memprediksi bakal kabinet Jokowi ini bakal diisi oleh menteri dari kalangan milenial yang mampu membantu kerja presiden.

"Menteri mileneal  bisa saja tapi punya high competence (kompetensi yang tinggi) educational background and organizational experiance (latar belakang pendidikan dan pengalaman organisasi) harus baik serta paling penting dia mampu menguasai bidang tersebut, Karena jabatan menteri bukan hanya pimpin organisasi kepemudaan," kata Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies, Dr. Jerry Massie kepada mcwnews.com, Sabtu (06/07/2019).

Jerry menjelaskan mileneal yang duduk harus punya skill, ability and expert (keahlian dan kemampuan) manajerial yang baik, visioner, punya strong of leadership kepemimpinan yang kuat), the power of leader (kekuatan memimpin), the art of the leader (seni memimpin),  leadership spirit (jiwa kepemimpinan. 

Menurut Jerry, terkait usia ia menyarankan bukan yang dari 20-25 tahun tapi 30 tahun ke atas karena itu ukuran standar. Contohnya, Menteri mileneal bisa di posisi Menpora seperti Ketua PKPI Diaz Hendropriyono, Erick Thohir, Taufik Basari, Budiman Sudjatmiko mereka sudah terukur dan punya pengalaman.

"Bukan semua mileneal bisa duduk di kabinet. Mileneal yang mampu Agus Yudhoyono saya nilai dia sudah mulai matang," imbuhnya.

Kalau bisa, tambah Jerry, Jokowi mencari mileneal yang sukses bergerak di bidang star-up yang lagi naik daun misalnya Bukalapak, Tokopedia dan lain sebagainya.

Salah satu politisi yang punya kemampuan rata-rata kaum mileneal adalah Taufik Basari. Secara empiris dan rasional menurutnya Taufik bisa karena berpengalalam di Nasdem sebagai ketua bidang hukum dan advokasi. Ia memiliki high quality standard and skill untuk duduk di kabinet.

"Taufik sangat paham akan masalah hukum karena ini spesialisasinya. Sudah 2 kali di jadi tim pembela Jokowi di MK," lanjutnya.

Sedangkan untuk dari Golkar ada Tantowi Yahya yang cocok diposisi Menteri Luar Negeri. Putra asal Sumsel ini sudah teruji apalagi kini dia duduk di duta besar New Zealand. Dari PKB ada nama Abdul Karding yang masuk TKN Jokowi-Maruf dan Lukman Edy, keduanya bisa masuk kabinet. Selain enerjik, visioner kedua tokoh muda di PKB ini sudah malang-melintang di parlemen. Lukman juga Wakil ketua Komisi II ini sarat pengalaman dan pernah duduk di kabinet Jokowi 2014 silam.

"Bukan semua mileneal bisa duduk di kementerian. Harus ada Fit and Proper Test (FPT) melihat rekam jejak atau track rercord dari yang bersangkutan," pungkasnya.
(A/Red)


Sabtu, 06 Juli 2019 07:58


TAGS:




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

+