Progres Proyek Jalan Kebon Kopi Capai 70 Persen

Senin, 08 Juli 2019 | 16:00 WITA

Progres Proyek Jalan Kebon Kopi Capai 70 Persen

MCWNews.com - PALU | Proyek penanganan jalan nasional ruas Tawaeli - Toboli atau yang lebih dikenal dengan ruas Kebon Kopi ditargetkan akhir tahun ini selesai, hingga kini proyek tersebut telah berjalan 70 persen.


"Pekerjaan jalan dan lereng saat ini sudah mencapai 70 persen," kata Julian Situmorang, ST., selaku pejabat pembuat komitmen (PPK) Satuan Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah II Sulawesi Tengah, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (08/07/2019).


Julian menjelaskan, Ruas Kebon Kopi adalah penghubung Kota Palu dengan Kabupaten Parigi yang merupakan titik rawan longsor. Maka penanganan yang dilakukan adalah penanganan longsoran dengan perkuatan tebing dengan teknologi geotrip dan penanganan geometrik lereng, dari awalnya kemiringan 70 derajat menjadi 55 derajat, manajemen drainase lereng sehingga air turun tidak membebani lereng, penggunaan geogrid untuk menahan jatuhnya batuan, kemudian geomed berupa media tanam untuk mengontrol erosi dan sebagai tempat tumbuhnya tumbuhan.


"Sedangkan perbaikan jalan pada beberapa titik untuk mengurangi resiko kecelakaan, penambahan pelebaran jalan dari 4,5 meter menjadi 7 meter dan standar bahu kiri dan kanan badan jalan," imbuhnya


Pihaknya berharap pekerjaan tersebut dapat berjalan lancar dan tepat waktu, karena sebelumnya proyek yang menelan anggaran lebih dari Rp 220 miliar itu sempat terhenti pasca bencana gempa dan tsunami yang melanda Palu, Sigi dan Donggala September tahun lalu.


Diketahui, proyek peningkatan jalan ruas Tawaeli-Toboli dikerjakan oleh PT. Istaka Karya dan PT.Bumi Duta Persada, masing-masing dengan nilai kontrak mencapai Rp110 miliar dengan masa kerja September 2018 sampai Desember 2019.

(AD/Red)


Senin, 08 Juli 2019 16:00


TAGS:




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

+