Poltekpel Sorong Targetkan 5.000 Peserta DPM Hingga Oktober Mendatang

Kamis, 18 Juli 2019 | 12:45 WITA

Poltekpel Sorong Targetkan 5.000 Peserta DPM Hingga Oktober Mendatang

Direktur Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Sorong Capt. Wisnu Risianto

MCWNews.com - SORONG | Tongkat kepemimpinan Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Sorong telah resmi bergulir, Capt. Wisnu Risianto resmi memimpin satu-satunya kampus pelaut di Bumi Kasuari ini. Kampus ini sebelumnya bernama Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Sorong kini bertransformasi menjadi Politeknik Pelayaran Sorong.


"Kami sangat bersyukur mendapatkan tugas yang telah diamanahkan untuk bisa memimpin kampus ini,"  kata Capt. Wisnu saat ditemui di Kampus Poltekpel Sorong, Papua Barat, Kamis (18/07/2019).


Terkait rencana kedepan, lanjut Capt. Wisnu, pihaknya tetap akan melanjutkan program-program dari pendahulunya yakni Heru Widada.


"Pastinya kami akan terus melakukan upaya menjaga dan meningkatkan mutu serta kualitas pendidikan bagi para taruna, selain itu kami tetap fokus pada program DPM (Diklat Pemberdayaan Masyarakat)" imbuhnya.


Terkait program pendidikan dan pelatihan pemberdayaan masyarakat (DPM) Poltekpel Sorong memberikan tiga jenis Diklat diantaranya yaitu Basic Safety Training (BST), Diklat Pemadam Kebakaran Tingkat Lanjutan atau Advanced Fire Fighting (AFF), Diklat Kesadaran Keamanan atau Security Awareness Training (SAT) dan Diklat Rating yang merupakan program terobosan bagi para masyarakat yang ingin bisa bekerja di kapal namun tidak harus mengambil pendidikan perwira yang notabene harus mengambil diploma.


"Program rating ini merupakan program percepatan, jadi kita tidak pungkiri SDM kita masih banyak yang di kelas bawah, jadi kalau mau jadi perwira kan lama, paling tidak dua tahun dengan adanya program ini bisa lebih cepat," urai Capt. Wisnu.


Pada pertengahan tahun 2019 ini, sedikitnya lebih dari 2.500 peserta telah mengikuti program DPM Di Poltekpel Sorong. Ditargetkan ada 2.500 peserta lagi untuk bisa mengikuti program tersebut hingga Oktober mendatang.


"Kami sudah mencapai 50 persen dari target untuk DPM, Sampai Oktober mendatang targetnya 5.000an peserta," harapnya.


Sedangkan untuk fasilitas yang ada di Poltekpel Sorong, Capt. Wisnu mengungkapkan jika fasilitas dan peralatan sudah sesuai dengan standar ilmu pelayaran. Namun kedepan akan ada beberapa yang perlu diperbarui baik segi teknologi dan peralatannya.


"Harapannya lembaga ini bisa menjadi lembaga pendidikan ilmu pelayaran yang terbaik dan terdepan," pungkasnya.

(timmcwnews)


Kamis, 18 Juli 2019 12:45


TAGS:




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

+