Evaluasi Pemilu 2019, Pemasangan APK Jadi Sorotan

Selasa, 06 Agustus 2019 | 07:28 WITA

Evaluasi Pemilu 2019, Pemasangan APK Jadi Sorotan

MCWNews.com - RANTEPAO | Puluhan peserta terdiri Bawaslu, Polres, Kesbangpol, dan partai politik peserta Pemilu mengikuti Evaluasi Fasilitasi Kampanye Pemilihan Umum Tahun 2019 yang diadakan KPU Torut di halaman Kantor KPU Toraja Utara, Senin (5/8/2019).

Ketua KPU Toraja Utara Bonnie Freedom mengatakan
Perlu dilakukan Evaluasi kedepan terhadap regulasi yang mengatur masa Kampanye terbuka selama pelaksanaan Pemilu 2019.

"Berdasarkan evaluasi Komisi Pemilihan Umum masih banyak peserta pemilu belum memahami aturan dan tata cara kampanye," ungkapnya.

Ia mengatakan, Perlu adanya perbaikan aturan dan pembagian tugas agar kedepan kampanye bisa lebih tertib. Karena masih banyak peserta pemilu yang belum mematuhi aturan utamanya dalam pemasangan alat peraga kampanye serta penentuan zonasi APK harus dievaluasi kembali agar lebih  teratur dan tertib.

Sementara itu Ketua Bawaslu Toraja Utara, Andarias Duma mengatakan, Pihaknya menilai dalam mengawasi jalannnya tahapan Pemilu dalam kampanye 2019 masih banyak kekurangan.

“Dari hasil pengamatan kami, masih banyak pelanggaran yang dilakukan, seperti pemasangan alat peraga yang tidak terpasang pada titik yang ditentukan selama masa kampanye Pemilu 2019 yang lalu yang dilakukan oleh peserta pemilu," ujarnya.

Pada Kesempatan yang sama, Kabag Operasional Polres Tana Toraja, Komisaris Polisi Budi Gunawan, dalam laporannya pihak Polres Tana Toraja sebagai bagian dari penegakan hukum terpadu pada penyelenggara Pemilu menyoroti masih terdapat banyak hal-hal yang perlu jadi perhatian seperti pada pelaksanaan Kampaye.

“Pada tahapan masa kampanye pihak partai masih minim yang melakukan pelaporan atau permohonan izin atau pemberitahuan kepada Polres saat melakukan kampanye sehingga menyulitkan Polres dalam melakukan pemantauan,” terang Budi.

Sedangkan, Kepala Kesbangpol Toraja Utara, DT Rante Tasak menuturkan, penepatan APK harus dipasang ditempat yang telah disepakati tapi masih ada yang tidak menaati kesepakatan atau tidak memperhatikan keindahan kota.

"Namun, Kami bersyukur penyelenggara pemilu dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawab dengan baik sehingga proses pemilu berjalan tertib dan aman sesuai tahapan," tutupnya. (Saldi)


Selasa, 06 Agustus 2019 07:28


TAGS:




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

+