Sejumlah Event Menarik Bulan ini di Tana Toraja

Senin, 12 Agustus 2019 | 18:04 WITA

Sejumlah Event Menarik Bulan ini di Tana Toraja

MCWNews.com  - MAKALE | Dalam rangka memperingati hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke 74, pemerintah Kabupaten Tana Toraja mengagendakan sejumlah kegiatan yakni Upacara bendera pada 17 Agustus mendatang. Sebelumnya juga akan diadakan kirab bendera merah putih yang dilaksanakan pada 15 - 17 Agustus 2019.

"Sebelum peringatan detik-detik proklamasi, panitia akan melakukan beberapa kegiatan dalam rangakian HUT RI Ke 74 diantaranya Kirab Bendera Merah Putih dari Makale hingga ke Buakayu, dari tanggal 15-17 Agustus 2019." kata Ketua Panitia HUT RI Ke 74 Kabupaten Tana Toraja, Savius Pasang dalam Komfrensi Persnya  diruang Pola Kantor Bupati Tana Toraja, Senin (12/8/2019).

Ia juga menjelaskan, Upacara 17 Agustus 2019 di Kecamatan Bongakaradeng yang dipusatkan  di Lapangan Tondon, Buakayu, Tana Toraja.

Savius menambahkan, selain itu ada pertandingan sepakbola antar klub yang saat ini tengah berlangsung dan sudah masuk pada babak semifinal, Rencananya final tanggal 16 Agustus sore.

"Pada 16 Agustus malam, akan diadakan Renungan Suci untuk mengenang jasa para pahlawan di Taman Makam Pahlawan Buntu Lepong dan kemudian Tanggal 17 pagi, juga ada upacara bendera di Lapas Makale, sekaligus pemberian remisi kepada para narapidana,” imbuhnya.
 
Lanjut Savius, Panitia juga akan mengadakan beberapa kegiatan sosial dan hiburan yakni vaksin massal terhadap hewan anjing dan kucing di wilayah Bonggakaradeng dengan  melibatkan belasan dokter serta puluhan tenaga medis.

"Bukan hanya itu juga ada pembagian bantuan ayam kepada warga kurang mampu, pembagian alat pertanian, dan hiburan panjat pinang,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Event Budaya Toraja, yang juga Kepala Dinas Kebudayaan, Bonifasius Paundanan menambahkan dalam merayakan HUT Kabupaten dan Hari Jadi Toraja akan menampilkan  beragam kebudayaan dan event tingkat nasional.

"Event Budaya Toraja ini akan dibuka dengan ritual Aluk Pare di Lembang Saluallo, Kecamatan Sangalla’ Utara, pada tanggal 22 Agustus 2019. Kemudian ritual tradisional Aluk Manta’da dan ritual Massuru’ di rumah ibadah Parisada Hindu Dharma, Kelurahan Tambunan, Kecamatan Makale Utara," ujarnya.

Ia menambahkan, Kemudian dilanjutkan dengan ritual tradisional Banua Papa Batu Tumake (Tongkonan beratap batu) di Lembang Banga Kecamatan Rembon, 23 Agustus 2019.

“Tanggal 24 Agustus 2019 ada Lomba To Ma’parapa’ dan cerita rakyat. Digabung dengan atraksi pagelaran seni budaya dari berbagai kecamatan di Pasar Seni Makale,” terang Bonifasius.

Selanjutnya Festival kuliner tradisional dan Lomba Musik Bambu, juga akan digelar tanggal 28 Agustus 2019 di Gedung Tammuan Mali’ Makale. Dilanjutkan dengan Festival Kopi selama tiga hari, dari tanggal 29-31 Agustus 2019.

“Festival Kopi ini akan dirangkaikan dengan Fokus Group Discussion (FGD) tentang Kopi dan Forum Bisnis Kopi yang mempertemukan para buyers dan petani (produsen) kopi kita,” jelas Bonifasius.

Pada puncak Hari Jadi Toraja ke 772 dan HUT Kabupaten Tana Toraja yang dipusatkan di Plaza Kolam Makale tanggal 31 Agustus 2019 ada pemecahan rekor MURI minum kopi menggunakan kararo(tempurung) terbanyak dengan peserta sekitar 2000 orang.

“Rangkaian event budaya ini akan kita maksimalkan sebagai bahan promosi wisata, sekaligus memperkenalkan serta memperdalam kebudayaan Toraja kepada generasi muda,” pungkas Bonifasius. 

Kabupaten Tana Toraja dalam menyelenggarakan beberapa jenis kebudayaan dan adat istiadat Toraja dalam rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten ke 62 dan Hari Jadi Toraja ke 772 tahun 2019. (Saldi)


Senin, 12 Agustus 2019 18:04


TAGS:




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

+