Ada Peran Mega Dan Prabowo Dibalik Kursi Ketua DPR-MPR

Jumat, 04 Oktober 2019 | 10:27 WITA

Ada Peran Mega Dan Prabowo Dibalik Kursi Ketua DPR-MPR

Bamsoet

MCWNews.com - JAKARTA | Dalam Sidang Paripurna di Ruang Rapat Paripurna MPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Kamis (3/10/2019) malam menyetujui Bambang Soesatyo (Bamsoet) menjadi Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia periode 2019-2024. 

Sebelumnya, pemilihan ketua MPR ini sempat alot. Semua lantaran Fraksi Gerindra menolak kesepakatan delapan fraksi dan kelompok DPD yang telah memilih Bamsoet. Ini karena Gerindra ngotot mengusung Ahmad Muzani sebagai ketua MPR.

Saat rapat paripurna dimulai kembali pukul 20.50 WIB, sikap Gerindra melunak. Ketua Fraksi Gerindra Ahmad Riza Patria menjelaskan semua tak lepas dari hasil konsultasi antara Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Prabowo dan Megawati sepakat agar MPR selalu diwarnai nilai-nilai musyawarah.

"Kami Fraksi Gerindra sudah sepakat dan setuju mengusung bapak Bambang Soesatyo sebagai ketua MPR," kata Riza.

"Oleh karena itu dengan persetujuan Gerindra yang terakhir, secara musyawarah mufakat dan aklamasi saudara Bambang Soesatyo terpilih sebagai ketua MPR. Setuju?," tanya pimpinan sementara Abdul Wahab Dalimunthe.

"Setuju," jawab seluruh anggota yang hadir.

Terpilihnya Bamsoet berbarengan dengan sederet dinamika perpolitikan nasional yang terjadi sekarang dan berpotensi mencuat dalam kurun waktu lima tahun mendatang. Salah satunya adalah revisi terbatas UUD 1945 dan Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN).

Tiga hari sebelumnya, Politikus PDI-P Puan Maharani dilantik sebagai Ketua DPR periode 2019-2024 bersama empat Wakil Ketua DPR, yaitu Aziz Syamsuddin dari Fraksi Golkar, Rachmat Gobel dari Fraksi Nasdem, Sufmi Dasco Ahmad dari Fraksi Gerindra, dan Muhaimin Iskandar dari Fraksi PKB.

Perjalanan Puan menjadi Ketua DPR berawal saat ia mencalonkan diri sebagai calon anggota legislatif dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019-2024 untuk dapil Jawa Tengah V yang meliputi Kabupaten Boyolali, Klaten, Sukoharjo, dan Kota Surakarta.



Puan yang merupakan mantan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan ini meraih suara terbanyak dengan perolehan mencapai 404.034 suara.

Berdasarkan hasil tersebut, Puan disebut-sebut akan menempati posisi ketua DPR. Terlebih, PDI-P meraih suara terbanyak pada Pemilu 2019 serta meraih kursi terbanyak di DPR periode 2019-2014, yaitu sebanyak 128 kursi.

Setelah memperoleh suara terbanyak, Puan tak lupa meminta restu kepada ibunya yang juga Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri.
(timmcwnews)


Jumat, 04 Oktober 2019 10:27


TAGS:




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

+