Komisi I DPR Akan Tinjau Kondisi Papua dan Papua Barat Pekan Ini

Rabu, 06 November 2019 | 08:08 WITA

Komisi I DPR Akan Tinjau Kondisi Papua dan Papua Barat Pekan Ini

Ketua Komisi I Meutya Hafid

MCWNews.com - JAKARTA | Dalam rangka meninjau langsung kondisi Papua pasca-kerusuhan beberapa waktu lalu yang terjadi di beberapa titik di Papua jajaran Komisi I DPR akan melakukan kunjungan kerja ke Papua dan Papua Barat pekan ini.

"Jumat, Sabtu ini kita akan ke Papua dan Papua Barat karena tentu perlu juga untuk Komisi I berangkat dan melihat langsung kondisi terkini dengan situasi keamanan terakhir di Papua dan Papua Barat," kata Ketua Komisi I Meutya Hafid di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (5/11/2019).

Selain itu, ia ingin mengejar pekerjaan yang belum terselesaikan oleh anggota dewan periode sebelumnya.

"Oleh karena itu, pada pekan ini Komisi I akan mengebut rapat kerja, salah satunya dengan Panglima TNI Hadi Tjahjanto," imbuhnya.

Ia mengagendakan sejumlah rapat kerja bersama pihak terkait akan dilakukan, Raker Komisi I pertama dengan Menkominfo dan akan lakukan berturut-turut.

"Jadi minggu ini juga insya Allah dengan Pak Panglima, minggu depan insya Allah dengan Menhan, dan juga kementerian-kementerian strategis lainnya termasuk dengan Menlu," ujar dia.

Diketahui, di Papua dan Papua Barat terjadi demo yang berujung kerusuhan di beberapa titik seperti di Jayapura, Manokwari, Sorong, Timika, Fakfak dan Wamena pada Agustus 2019.

Demo tersebut merupakan buntut dari kasus dugaan rasisme kepada mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang.

Pada Senin (2/9/2019), Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama bersama Tito Karnavian yang ketika itu menjabat Kapolri meninjau kondisi keamanan di sana, khususnya di Jayapura dan Manokwari pascademo anarkistis yang menimbulkan keresahan warga.

Baru ini, Presiden Jokowi juga mengunjungi Papua Barat bersama Ibu Negara Iriana setelah dilantik menjadi presiden periode 2019-2024, Sabtu (26/10 2019) sore.

Turut mendampingi Jokowi dalam penerbangan menuju Provinsi Papua Barat antara lain Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Ada pula Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto, Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, dan Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Fadjroel Rahman. (Dn)


Rabu, 06 November 2019 08:08


TAGS:




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

+