Jangkau Daerah Pendalaman, Dishub Mimika Bangun Empat Lapter

Rabu, 13 November 2019 | 08:14 WITA

Jangkau Daerah Pendalaman, Dishub Mimika Bangun Empat Lapter

Kepala Dinas Perhubungan Mimika, Yan Selamet Purba

MCWNews.com - TIMIKA |Untuk menjangkau konektivitas daerah pedalaman, Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika terus melakukan pembangunan Lapangan Terbang (Lapter) yang terletak di sejumlah wilayah Mimika.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika Yan Selamat Purba mengatakan Tahun ini ada empat lapangan terbang (Lapter) yang sedang dibangun diantaranya Lapter Noema, Lapter Bela, Lapter Jila dan Lapter Kilmit.

Ia mengungkapkan, Pembangunan lapangan terbang ini bertujuan untuk meningkatkan konektivitas antara daerah distrik dengan pusat kota Timika.

"Tujuannya untuk menjangkau daerah pedalaman karena kabupaten ini cukup luas," ujar Kadishub saat ditemui MCWNews beberapa waktu lalu.

Sedangkan untuk proses pengerjaannya, pihak Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika Djoko Irawan mengungkapkan setiap lapangan terbang mendapat penanganan yang berbeda.

"Untuk Lapter Kilmit dilakukan perpanjangan landasan dari semula 325 meter ditambah 150 meter jadi totalnya 475 meter," kata Djoko Irawan saat dikonfirmasi terpisah melalui sambungan telepon, Rabu (13/11/2019).

Sedangkan untuk Lapter Jila, pihaknya melakukan pengaspalan runway sepanjang 200 meter dari total panjang landasan 595 meter.

"Untuk lapter Noema saat ini prepare mobilisasi alat. Sama pembersihan lokasi. Pekerjaan tahun ini galian tanah dan penimbunan.

Untuk saat ini progres baru sekitar 5%. Mobilisasi alat yang besar nilainya sekitar 45%, Lapter Bela pun sama pak progresnya," ujar Djoko.

Selain itu, Dishub Mimika juga melakukan revitalisasi hanggar yang berada di kompleks Bandara Mozes Kilangin.

Terkait pemanfaatan hanggar ini nantinya akan dilakukan dengan skema Kerjasama Daerah (KSD) dengan operator hanggar. (*)


Rabu, 13 November 2019 08:14


TAGS:




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

+