Kementerian PUPR Lanjutkan Pengembangan PLBN Skouw

Rabu, 13 November 2019 | 12:03 WITA

Kementerian PUPR Lanjutkan Pengembangan PLBN Skouw

MCWNews.com - JAYAPURA | Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw di Papua yang berlokasi di Distrik Muara Tami Kota Jayapura itu, kini tampak megah dan asri.

Salah satunya adalah PLBN yang terletak di perbatasan Kota Jayapura-Papua Nugini atau biasa disebut dengan PLBN Skouw-Wutung.

Hal mana yang dulu kerap jadi lokasi penembakan, kini tak lagi menyeramkan bagi masyarakat Papua ataupun wisatawan yang saat ini membanjiri PLBN.

Pada Tahun ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat kembali mempercayakan kepada PT Nindya Karya (Persero) untuk melakukan pembangunan dan pengembangan sarana prasarana penunjang PLBN Skouw.

Manager Proyek PT. Nindya Karya, Sumitra Harapi mengungkapkan, Fasilitas penunjang yang dibangun diantaranya Pasar perbatasan antar negara, Mess pegawai dan penataan area terbuka seperti taman.

"Selain penataan landscape, Kita akan bangun gedung pasar, nantinya tidak ada lagi yang bangunan bedeng-bedeng itu," kata Sumitra saat ditemui di Distrik Muara Tami, Jayapura, Rabu (13/11/2019).

Setiap hari libur, lebih dari 1.000 wisatawan membanjiri PLBN. Jumlah tersebut akan bertambah pada saat hari pasar tradisional dua negara, yakni Selasa, Kamis, dan Sabtu. 

Nantinya gedung pasar ini akan dibangun seluas 4.700 meter persegi. Pelaksanaan proyek yang dikerjakan sejak Agustus 2019 ini telah mencapai 15 persen dan ditargetkan akan selesai pada April 2020.

"Kami berharap fasilitas yang telah dibangun bisa digunakan sebaik-baiknya dan bermanfaat bagi masyarakat," pungkasnya.

Sebelumnya, pembangunan Kantor PLBN rampung pada Februari 2017, beberapa kantor di dalamnya, yakni bea cukai, imigrasi, karantina hewan, ikan dan tumbuhan, serta kesehatan sudah mulai difungsikan pada 15 Maret 2017 silam. (Adv)


Rabu, 13 November 2019 12:03


TAGS:




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

+