Fokus Layanan Kesehatan, Pemkab Keerom Bangun Lima Puskesmas

Kamis, 14 November 2019 | 19:04 WITA

Fokus Layanan Kesehatan, Pemkab Keerom Bangun Lima Puskesmas

Kepala Dinas Kesehatan Keerom dr. Ronny J.A Situmorang

MCWNews.com - KEEROM | Upaya Pemerintah Kabupaten Keerom untuk memberikan pelayanan kesehatan yang memadai bagi masyarakat dilakukan dengan dibangunnya Lima Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang tersebar di beberapa distrik di Kabupaten yang berada ujung timur provinsi Papua ini.

Pembangunan Lima Puskesmas ini diantaranya di Distrik Arso Kota, Arso Timur, Arso Barat, Distrik Petewi dan Distrik Towe.

"Jadi kementerian (Kemenkes) untuk ada prototipe, ada yang bertingkat dan tidak bertingkat, ada yang rawat inap ada yang tidak rawat inap, ya kalau bertingkat itu lebih banyak ruangnnya," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Keerom, dr. Ronny J.A. Situmorang kepada MCWNews di kantornya, Kamis (14/11/2019).

Terkait dengan spesifikasi gedung, Imbuh Ronny, dari puskesmas yang dibangun ini tidak ada yang istimewa akan tetapi tetap memenuhi standar layaknya pelayanan kesehatan.

"Layanan standar, Ruang pengobatan, promosi kesehatan, rawat inap," singkat Ronny.

Ia menambahkan, untuk satu unit puskesmas dianggarkan rata - rata Rp 15 miliar selain gedung juga dilengkapi dengan meubelernya.

Berdasarkan pantauan di lapangan, proses pembangunan gedung belum mencapai 50 persen namun pihak Dinkes optimis kelima pusat kesehatan tersebut akan beroperasi awal tahun depan.

"Kontraknya akhir tahun selesai, Kalau nggak selesai kita ikuti aturan saja, Rencana awal tahun sudah bisa layani," ujar Ronny.

Ronny berharap dengan dibangunnya fasilitas pelayanan kesehatan ini, masyarakat turut mendukung dan bisa bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan khususnya pelayanan terkait kesehatan.

Diketahui, Pemkab Keerom menggelontorkan lebih dari Rp 75 miliar dari dana yang bersumber dari Anggaran Pengeluaran Belanja Daerah (APBD) 2019  untuk melakukan pembangunan Lima Puskesmas tersebut.(timmcwnews)


Kamis, 14 November 2019 19:04


TAGS:




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

+