Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Warga Pager Gunung Resah, Marak Galian C Tak Berizin

Rabu, 08 Januari 2020 | 18:00 WITA

Warga Pager Gunung Resah, Marak Galian C Tak Berizin

MCWNews.com - KENDAL | Maraknya penambangan galian C tanpa izin di wilayah Desa Pager Gunung, Kecamatan Pageruyung, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah sangat disesalkan oleh kalangan masyarakat, Anton Setyonugroho warga setempat mengatakan kalau wilayah Pager Gunung tersebut keadaannya sangat mengkhawatirkan.

"Mereka mengeruk tanah gunung tanpa memperhatikan lingkungan sekitarnya," ujar Anton Rabu (8/1/2020).

Seperti yang baru saja terjadi longsor di Dukuh Sumur Pitu, Desa Pager Gunung pada 7 Januari lalu salah satu penyebabnya karena banyak galian C lebih dari sepuluh titik yang diduga tidak berizin, sehingga mengakibatkan longsor yang mengkwatirkan warga sekitar Pager Gunung.

Menurut komentar warga lain yang tidak ingin disebut namanya mengungkapkan, bahwa di wilayah Sumur Pitu banyak galian C tak berizin.

"Karena bukan urusan kami, yang saya prihatinkan di situ ada longsor fan ada dampak negatif warga sekitarnya," tandasnya.

"Memang sekitar Sumur Pitu, Pager Gunung, banyak Galian C," kata Aktifis Anti korupsi Kabupaten Kendal, Nur Khamid dari saat dikonfirmasi.

Lebih lanjut Nur Khamid menambahkan seharusnya pengusaha Galian C memperhatikan dampak lingkungannya.

"Pengusaha ini harus mengurus izinnya, galian pasir, ijin mengeluarkan tanah," imbuhnya

Menyikapi itu semua tim 9 Kabupaten Kendal untuk mengkaji ulang adanya galian C Galian C yang ada di Pager Gunung dan Sumur Pitu, umumnya di Kabupaten Kendal bilamana Galian C tersebut tidak sesuai yang di ijinkan, Maka Pemda harus menutup galian tersebut.

"Bila mana Pemda diam warga sekitar beserta pergerakan anti korupsi akan unjuk rasa besar besaran di Kendal," pungkasnya.(Lendra)


Rabu, 08 Januari 2020 18:00


TAGS:




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

+