Wamen PUPR Tinjau dan Resmikan Sejumlah Proyek di Tambrauw

  • 13 Februari 2020 04:46 WITA
Wamen PUPR Jhon Wempi Wetipo saat meresmikan salahsatu proyek di Kabupaten Tambrauw, Papua Barat
Males Baca?

MCWNews.com – TAMBRAUW | Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jhon Wempi Wetipo meninjau langsung sejumlah proyek pembangunan infrastruktur di kabupaten Tambrauw, Provinsi Papua Barat, Rabu (12/02/2020).

Dari pantauan di lapangan, sebelum meninjau sejumlah pembangunan infastruktur, Jhon pertama kali disambut di pertengahan perbatasan kabupaten Sorong dan Tambrauw tepatnya di distrik Selemkai dan disambut dengan antusias tari-tarian adat  masyarakat setempat.

Usai penyambutan pertama Wakil Menteri PUPR, Jhon Wempi Wetipo Bupati dua periode di Kabupaten Jayawijaya Tanah Papua itu, bersama Bupati, Gabriel Asem dan rombongan melanjutkan perjalanan ke distrik bamus bama disela-sela kunjungan, ia menyempatkan diri untuk meresmikan ruang kelas yang baru saja dibangun oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah Papua Barat dibawah Kementerian PUPR.

Adapun sekolah yang baru diresmikan usai di renovasi yakni sekolah SD Negri 82 Bama, SD Negri Impres 32 Arfu, SD Negri Bikar, dan SD Negri Baun, Kabupaten Tambrauw.

John Wetipo mengungkapkan, ada 4 sekolah yang baru saja selesai di renovasi oleh Kementerian PUPR di Kabupaten Tambrauw ini.

“Jadi renovasi ini adalah program 3 T, yaitu merenovasi sekolah yang berada di daerah terdepan, terluar dan tertinggal. Pada anggaran tahun 2019, melalui Balai Cipta Karya Papua Barat, kami merenovasi 4 sekolah dengan total anggaran Rp15,4 miliar dan hari ini secara resmi bangunan tersebut bisa digunakan kembali untuk aktivitas belajar,” katanya.

Setalah meresmikan sekolah, Jhon lalu mengikuti acara peletakan batu pertama pembangunan rusun rumah dinas Bupati dan wakil Bupati, rumah susun , dan rumah tinggal bagi aparatur sipil negara (ASN) pemerintah kabupaten Tambrauw.

Selain itu, Mantan Bupati Jayawijaya ini juga meninjau pembangunan sejumlah ruas jalan dan kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) di Distrik Fef ibu kota kabupaten Tambrauw.

“Ini adalah komitmen negara untuk hadir di  masyarakat untuk membangun infrastruktur, baik infrastuktur jalan, jembatan, air bersih, dan perumahan rakyat terutama di wilayah terdepan dan terluar sebagaimana instruksi presiden,” ujar Wetipo.

Pihaknya juga melakukan kunjungannya ke distrik Fef yang merupakan ibukota kabupaten Tambrauw yang baru, guna melihat apa yang dapat dilakukan oleh Kementerian PUPR untuk kemajuan infrastruktur kabupaten Tambrauw.

“Kami telah melakukan peletakan batu pertama pembangunan rumah susun dan rumah tinggal bagi aparatur sipil negara pemerintah kabupaten Tambrauw. Selain itu, kunjungan ini pula untuk mengumpulkan data-data guna penyelesaian pembangunan jalan trans Papua Barat agar daerah-daerah provinsi tersebut terkoneksi,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Gabriel Asem mengungkapkan Pemerintah Daerah Kabupaten Tambrauw  telah mengusulkan beberapa titik ruas jalan Nasional.

"Ini kalau sudah di setujui dulu atau ditetapkan ke jalan strategis nasional ke nasional baru satker bisa ada, kalau belum ditetapkan pemerintah pusat berarti belum bisa ada satker sendiri, tetapi kami sangat berharap punya satker sendiri," ungkap Gabriel.

Dalam kunjungannya, Jhon Wetipo didampingi oleh Bupati Tambrauw Gabriel Asem, Komandan Korem 181/PVT Sorong, Dandrem Brigjen TNI Yulius Selvanus, dan Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah XVII Satrio Sugeng Prayitno bersama Kepala Balai Wilayah Sungai Alexander Leda serta sejumlah pejabat di lingkungan Kementerian PUPR Papua Barat. (Charles)



TAGS :

Komentar